�UPAYA MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATANSIPIL KABUPATEN SLEMAN 2021�

ROSA OCTAVIANI (2023) �UPAYA MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATANSIPIL KABUPATEN SLEMAN 2021�. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini akan fokus kepada pelayanan prima yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman alasan peneliti mengambil lokasi disini karena adanya sebuah peningkatan dari sebelumnya yang bisa dilihat dari dari indeks kepuasan masyarakat setiap tahun selalu meningkat, di tahun 2020 indeks kepuasan masyarakat yaitu 82,17 dan ditahun 2021 meningkat menjadi 82,99 hingga dibulan juni 2022 naik hingga 84,19 nilai tersebut menunjukan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman mampu menaikan kualitas yang diberikan dari tahun ke tahun agar terciptanya pelayanan prima didalam pemerintahan dan menunjukan konsistensi kinerja penyelenggara pelayanan publik dari tahun 2018 hingga di tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi selama kurang lebih 1 (satu) bulan, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam peneitian ini adalah pegawai pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman sebagai informan utama serta  masyarakat pengguna layanan yang di berikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman sebagai informan pendukung. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan prima di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman dilihat dari hasil penelitian dan wawancara sudah memenuhi kualitas pelayanan prima yang sesuai dengan standar pelayanan dan memuaskan pelanggan pegawai sudah menjalankan   tugasnya dengan tepat waktu sesuai standar operasional prosedur pegawai juga memiiki sifat tanggap kepada masyarakat dengan memberikan respon yang baik dan cepat sehingga dapat memberi rasa kepuasan terdapat masyarakat yang melakukan pelayanan. Hanya saja dilihat dari kehandalan pegawai masih membutuhkan pelatihan guna meningkatkan kehandalan pegawai dalam menghadapi masyarakat.Peneliti memberikan rekomendasi pegawai harus lebih sering diberikan kegiatan pelatihan guna meningkatkan prmahaman dan kehandalan pegawai yang tujuannya pegawai pelayanan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan tidak perlu keatasan jika ada masyarakat yang sulit untuk diberitahu dan perlunya rekrutmen  pegawai mengingat bahwa setiap hari masyarakat yang datang bisa melewati seratus orang perhari yang bisa saja membuat pegawai pelayanan menjadi kewalahan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: service excellent, service quality
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:32
Last Modified: 19 Aug 2023 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36392

Actions (login required)

View Item
View Item