ANGGRAHENI AISYAH SETYANINGSIH (2023) STRATEGI PROMOSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENARIK MINAT CALON MAHASISWA TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (344kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab I.pdf
Download (439kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (784kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dengan judul strategi promosi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam menarik minat calon mahasiswa baru melalui media sosial TikTok. TikTok merupakan media yang popular di kalangan masyarakat dengan jumlah unggahan terbanyak sehingga menjadi pilihan yang tepat digunakan UMY sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan maka peneliti melakukan analisis dengan memberikan pembahasan agar mendapatkan kesimpulan yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara rinci strategi promosi yang dilakukan oleh UMY dalam menarik minat calon mahasiswa dan mendeskripsikan tanggapan viewers terhadap strategi promosi UMY melalui TikTok. Konsep yang digunakan dalam promosi di TikTok UMY dengan menampilkan komunikator yang memiliki kredibilitas, mengangkat momentum yang sedang berlangsung, menyisipkan lagu-lagu yang banyak diminati, serta menambahkan tagar sebagai brand identity. Hasil penenelitian diketahui bahwa audiens mengetahui UMY melalui media sosial. Media sosial TikTok sebagai salah satu media yang dapat menjadi sarana promosi yang efisien dan efektif. Strategi yang dilakukan melalui tahap perencanaan seperti menentukan tujuan promosi, target audiens, dan pesan yang disampaikan. Tahap implementasi terdiri dari produksi materi konten dan upload konten selanjutnya tahap evaluasi dengan memanfaatkan fitur TikTok insight ini yang dapat mengetahui jumlah engagement berupa keaktifan audiens dalam menonton, mengomentari, dan membagikan konten promosi yang bersifat pesan-pesan informatif seperti menyampaikan fakultas, fasilitas, dan capaian dari UMY. Adanya ketertarikan akan informasi mengenai universitas yang telah ditampilkan pada konten-konten di TikTok UMY maka dapat mempengaruhi minat para calon mahasiswa tertarik pada UMY.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online promotion strategy, attracting interest, TikTok media, University of Muhammadiyah Yogyakarta |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:51 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36404 |