PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO

Amirul Kufuwan Natzif (2021) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menggambarkan konsep Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural (2) Mengetahui dan menggambarkan implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural (3) Menganalisis nilai-nilai multikultural yang ditanamkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan (4) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, guru pengampu pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik sebagai subjek penguat informasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstuktur, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Konsep Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural berpedoman kepada peraturan pemerintah yaitu mengedepankan moderasi beragama dan penyampaian nilai-nilai multikultural dimasukkan kedalam rancangan pembelajaran (2) Implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural diterapkan melalui tahapan yaitu: a) Integrasi Muatan, b) Proses Kontruksi Pengetahuan, c) Pengurangan Prasangka, d) Kesetaraan dalam Pembelajaran, e) Pembedayaan Kultur Sekolah dan Struktur Sosial. (3) Nilai-nilai multikultural yang ditanamkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: a) Nilai Toleransi, b) Nilai Kesamaan/Kesetaraan, c) Nilai Persatuan, d) Nilai Kekerabatan, e) Nilai Keadilan. (4) Faktor pendukungnya adalah keterbukaan Yayasan Ardya Garini, kepemimpinan Kepala Sekolah yang inklusif, dukungan Orang tua/wali murid, keberagaman peserta didik dan tenaga pendidik yang inklusif. Faktor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas dan pademi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:44
Last Modified: 17 Dec 2021 07:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3644

Actions (login required)

View Item
View Item