Amirul Kufuwan Natzif (2021) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (914kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (867kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab I.pdf
Download (228kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menggambarkan konsep Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural (2) Mengetahui dan menggambarkan implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural (3) Menganalisis nilai-nilai multikultural yang ditanamkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan (4) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, guru pengampu pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik sebagai subjek penguat informasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstuktur, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Konsep Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural berpedoman kepada peraturan pemerintah yaitu mengedepankan moderasi beragama dan penyampaian nilai-nilai multikultural dimasukkan kedalam rancangan pembelajaran (2) Implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural diterapkan melalui tahapan yaitu: a) Integrasi Muatan, b) Proses Kontruksi Pengetahuan, c) Pengurangan Prasangka, d) Kesetaraan dalam Pembelajaran, e) Pembedayaan Kultur Sekolah dan Struktur Sosial. (3) Nilai-nilai multikultural yang ditanamkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: a) Nilai Toleransi, b) Nilai Kesamaan/Kesetaraan, c) Nilai Persatuan, d) Nilai Kekerabatan, e) Nilai Keadilan. (4) Faktor pendukungnya adalah keterbukaan Yayasan Ardya Garini, kepemimpinan Kepala Sekolah yang inklusif, dukungan Orang tua/wali murid, keberagaman peserta didik dan tenaga pendidik yang inklusif. Faktor penghambatnya adalah kurangnya fasilitas dan pademi Covid-19.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:44 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3644 |