MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) BERBASIS IT

RISYAD AKBAR ABDILLAH (2023) MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) BERBASIS IT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Matematika yaitu ilmu yang memegang peran penting dalam kemajuan peradaban manusia saat ini. Matematika juga begitu banyak berperan dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui berbagai disiplin ilmu. Oleh karena itu, begitu penting untuk mengenalkan matematika dengan baik sejak usia dini, karena manfaatnya dirasakan dari waktu ke waktu. Ada begitu banyak alasan mengapa hasil belajar matematika kurang baik yaitu: Kurikulum yang padat, media pembelajaran yang tidak efektif, strategi pembelajaran yang tidak memadai, evaluasi yang buruk, kurangnya kemampuan guru atau dosen dalam memotivasi pelajar, atau pendekatan pembelajaran yang bersifat konvensional sehingga para siswa bosan dengan pelajaran matematika. Berdasarkan masalah diatas peneliti memberikan solusi dengan menggunaan metode CPA yang berbasis teknologi agar mengetahui hasil belajar, keaktifan dan keterampilan pelajar. Pengembangan perangkat belajar menggunakan model Thiagarajan, Semmel (4D) yaitu define, design, develop, and disseminate. Yang dikembangkan yaitu suatu rencana pebelajaran, buku guru dan siswa, multimedia pembelajaran serta hubungannya dengan teknologi (aplikasi ilmu dalam kehidupan). Perkembangan teknologi yang begitu pesat mengarahkan untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi. Sekarang ini, baik individu beserta lembaga-lembaga sangat membutuhkan teknologi dalam melakukan aktivitas. Begitu pula dalam dunia Pendidikan, teknologi sangat penting digunakan dalam proses belajar dan mengajar. Teknologi sangat berperan penting karena dapat meringankan beban kerja manusia karena sistem terkomputerisasi yang dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan manusia, serta dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin akan terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Model, Mathematics, Concrete Pictorial Abstract (CPA), IT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 28 Oct 2023 03:12
Last Modified: 28 Oct 2023 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36482

Actions (login required)

View Item
View Item