Faisal Rizal Dahlan (2020) STRATEGI INTERNALISASI KECERDASAN INTERPERSONAL AKTIVIS HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (HIMA PAI) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (965kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (637kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab I.pdf
Download (510kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (797kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (832kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (721kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (900kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (690kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi internalisasi kecerdasan interpersonal aktivis di organisasi HIMA PAI UMY. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini diambil dari pengurus HIMA PAI periode 2018-2019 dan anggota HIMA PAI Periode 2018-2019. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dalam penelitian ini menggunakan metode partisipatif. Wawancara menggunakan in dept interview dengan proses wawancara semi terstruktur. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tahapan-Tahapan internalisasi nilai-nilai di organisasi HIMA PAI meliputi tiga tahapan yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap trans internalisasi, (2) Strategi dalam proses peningkatan kecerdasan interpersonal aktivis HIMA PAI meliputi tiga strategi yang relevan yaitu strategi internalisasi nilai-nilai melalui pendekatan kognitif, strategi internalisasi nilai-nilai melalui pembiasaan, dan strategi internalisasi nilai-nilai melalui keteladanan, (3) Karakteristik kecerdasan interpersonal aktivis HIMA PAI meliputi kemampuan dalam mengembangkan dan menciptakan hubungan sosial yang efektif, memiliki rasa empati yang tinggi kepada orang lain, dan memiliki kesadaran berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal, (4) Faktor penghambat dan pendukung kecerdasan interpersonal aktivis HIMA PAI. Faktor penghambat meliputi sulit bergaul sesama aktivis HIMA PAI, memiliki ego yang tinggi, dan memiliki sikap apatis, sedangkan faktor pendukung meliputi program kerja yang mendukung, penerapan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), dan pemberian tanggung jawab kegiatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 04:12 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/365 |