SILVIA IZZATUNNISA (2023) TEACHER-STUDENT RAPPORT IN LEARNING ENGLISH AT PRIVATE ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (6MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (906kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
Bab I.pdf
Download (131kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (593kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari siswa di Indonesia karena tidak digunakan sebagai bahasa sehari-hari dan siswa menjadi kurang tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, sebagai langkah awal dalam pembelajaran, peran guru bahasa Inggris adalah menciptakan hubungan yang baik dengan siswa yang disebut building rapport. Membangun rapport adalah membangun hubungan yang baik dan membuat masing-masing pihak sepakat (Ahmad, 2018). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menyelidiki apa strategi guru dalam membangun dan memelihara hubungan dengan siswa dalam belajar bahasa Inggris dan 2) untuk memastikan apa hambatan guru dalam membangun hubungan dengan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan triangulasi, yaitu wawancara dan observasi yang dihadiri oleh tiga guru bahasa Inggris yang mengajar di SMP Islam Swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan guru dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan siswa yaitu mondar-mandir (pacing), memimpin (leading), menjadi guru yang mudah didekati, membangun efikasi diri siswa, membangun konektivitas kelas, dan memberikan pujian. Kemudian, tantangan (hambatan) yang dihadapi guru dalam membangun rapport adalah karakter siswa yang introvert dan latar belakang keluarga. Temuan ini memberikan contoh spesifik tentang bagaimana guru membangun dan menjaga hubungan baik dengan siswa dalam belajar bahasa Inggris dan hambatan yang dihadapi guru dalam membangun hubungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | building rapport, learning English, teachers' barrier |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 02:58 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 02:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36517 |