TEACHER-STUDENT RAPPORT IN LEARNING ENGLISH AT PRIVATE ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL

SILVIA IZZATUNNISA (2023) TEACHER-STUDENT RAPPORT IN LEARNING ENGLISH AT PRIVATE ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari siswa di Indonesia karena tidak digunakan sebagai bahasa sehari-hari dan siswa menjadi kurang tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, sebagai langkah awal dalam pembelajaran, peran guru bahasa Inggris adalah menciptakan hubungan yang baik dengan siswa yang disebut building rapport. Membangun rapport adalah membangun hubungan yang baik dan membuat masing-masing pihak sepakat (Ahmad, 2018). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menyelidiki apa strategi guru dalam membangun dan memelihara hubungan dengan siswa dalam belajar bahasa Inggris dan 2) untuk memastikan apa hambatan guru dalam membangun hubungan dengan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan triangulasi, yaitu wawancara dan observasi yang dihadiri oleh tiga guru bahasa Inggris yang mengajar di SMP Islam Swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan guru dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan siswa yaitu mondar-mandir (pacing), memimpin (leading), menjadi guru yang mudah didekati, membangun efikasi diri siswa, membangun konektivitas kelas, dan memberikan pujian. Kemudian, tantangan (hambatan) yang dihadapi guru dalam membangun rapport adalah karakter siswa yang introvert dan latar belakang keluarga. Temuan ini memberikan contoh spesifik tentang bagaimana guru membangun dan menjaga hubungan baik dengan siswa dalam belajar bahasa Inggris dan hambatan yang dihadapi guru dalam membangun hubungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: building rapport, learning English, teachers' barrier
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 28 Oct 2023 02:58
Last Modified: 28 Oct 2023 02:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36517

Actions (login required)

View Item
View Item