MUSAFAK (2023) PENGEMBANGAN ASPEK NON GAMEPLAY GAME BLOCKADE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (457kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (463kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Bab I.pdf
Download (76kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (721kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (496kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pada penelitian sebelumnya, Sulistio Sanjaya membuat game strategi online baru bernama game Blockade, yang terinspirasi dari board game klasik Blokus. Akan tetapi dalam proses pengembangannya hanya sampai pada pembuatan GDD (Game Design Document). Berdasarkan GDD yang dimiliki Sulistio Sanjaya membuat game digital ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu aspek gameplay dan non gameplay. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat aspek non gameplay game Blockade berdasarkan GDD yang dibuat pada penelitian sebelumnya.Metode yang digunakan pada penelitian ini mengadopsi GDLC (Game Development Life Cycle) yang dibuat oleh Heather Maxwell Chandler. Metode GDLC yang diimplementasikan dalam penelitian ini meliputi 2 tahap yaitu Production dan Testing. Penulis menggunakan game engine Unity2D untuk mengembangkan game ini. Ada 2 proses pengujian pada penelitian ini. Pengujian pertama adalah pengujian fungsi, dari hasil pengujian fungsi didapatkan bahwa fitur non gameplay game Blockade yang dibuat sudah sesuai yang diharapkan dan bebas dari bug. Pengujian kedua adalah pengujian portabilitas, pengujian ini didapatkan hasil bahwa tampilan fitur non gameplay yang dibuat tetap terlihat bagus dan berfungsi dengan baik di ukuran layar handphone yang berbeda-beda. Dari hasil production dan testing yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat fitur non gameplay game Blockade.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Non Gameplay, Online game, Game Design Document, Game Development Life Cycle, Unity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 02:46 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 02:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36520 |