PENGEMBANGAN ASPEK NON GAMEPLAY GAME BLOCKADE

MUSAFAK (2023) PENGEMBANGAN ASPEK NON GAMEPLAY GAME BLOCKADE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian sebelumnya, Sulistio Sanjaya membuat game strategi online baru bernama game Blockade, yang terinspirasi dari board game klasik Blokus. Akan tetapi dalam proses pengembangannya hanya sampai pada pembuatan GDD (Game Design Document). Berdasarkan GDD yang dimiliki Sulistio Sanjaya membuat game digital ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu aspek gameplay dan non gameplay. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat aspek non gameplay game Blockade berdasarkan GDD yang dibuat pada penelitian sebelumnya.Metode yang digunakan pada penelitian ini mengadopsi GDLC (Game Development Life Cycle) yang dibuat oleh Heather Maxwell Chandler. Metode GDLC yang diimplementasikan dalam penelitian ini meliputi 2 tahap yaitu Production dan Testing. Penulis menggunakan game engine Unity2D untuk mengembangkan game ini. Ada 2 proses pengujian pada penelitian ini. Pengujian pertama adalah pengujian fungsi, dari hasil pengujian fungsi didapatkan bahwa fitur non gameplay game Blockade yang dibuat sudah sesuai yang diharapkan dan bebas dari bug. Pengujian kedua adalah pengujian portabilitas, pengujian ini didapatkan hasil bahwa tampilan fitur non gameplay yang dibuat tetap terlihat bagus dan berfungsi dengan baik di ukuran layar handphone yang berbeda-beda. Dari hasil production dan testing yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat fitur non gameplay game Blockade.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Non Gameplay, Online game, Game Design Document, Game Development Life Cycle, Unity
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 28 Oct 2023 02:46
Last Modified: 28 Oct 2023 02:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36520

Actions (login required)

View Item
View Item