STUDENTS' PERCEPTION ON THE MICROTEACHING PROGRAM TOWARD STUDENTS' TEACHING COMPETENCE: BENEFITS AND CHALLENGES

ANISYA NOER ALMAIDA (2023) STUDENTS' PERCEPTION ON THE MICROTEACHING PROGRAM TOWARD STUDENTS' TEACHING COMPETENCE: BENEFITS AND CHALLENGES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas guru adalah dengan menyediakan program microteaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat mata kuliah Microteaching terhadap kompetensi mengajar mahasiswa dan mengetahui tantangan yang dialami mahasiswa dalam mata kuliah Microteaching. Peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 di sebuah universitas di Yogyakarta. Kemudian, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Temuan pertama mengungkapkan bahwa terdapat sembilan manfaat mata kuliah microteaching terhadap kompetensi mengajar mahasiswa diantaranya membantu memahami berbagai karakteristik mahasiswa, mengembangkan kemampuan membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, menambah pengetahuan dalam mengevaluasi hasil belajar mahasiswa, mengembangkan kemampuan melaksanakan proses pembelajaran, menambah pengetahuan tentang teori dan prinsip mengajar, melatih siswa menerapkan norma-norma dalam mengajar, mengembangkan sikap baik siswa sebagai guru, menambah kemampuan komunikasi siswa dalam hal pengembangan pengajaran, dan melatih siswa memanfaatkan hasil refleksi sebagai pengembangan profesional. Dari manfaat microteaching di atas, terlihat bahwa microteaching mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional siswa. Temuan kedua mengungkapkan tantangan yang dihadapi siswa dalam kursus microteaching meliputi kesulitan dalam mendapatkan kepercayaan diri dan kesulitan dalam mengatur proses belajar mengajar yang alami.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: microteaching, teacher competencies, students' perception
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:53
Last Modified: 27 Oct 2023 06:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36545

Actions (login required)

View Item
View Item