ANISYA NOER ALMAIDA (2023) STUDENTS' PERCEPTION ON THE MICROTEACHING PROGRAM TOWARD STUDENTS' TEACHING COMPETENCE: BENEFITS AND CHALLENGES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (380kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab I.pdf
Download (125kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kualitas guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas guru adalah dengan menyediakan program microteaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat mata kuliah Microteaching terhadap kompetensi mengajar mahasiswa dan mengetahui tantangan yang dialami mahasiswa dalam mata kuliah Microteaching. Peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 di sebuah universitas di Yogyakarta. Kemudian, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Temuan pertama mengungkapkan bahwa terdapat sembilan manfaat mata kuliah microteaching terhadap kompetensi mengajar mahasiswa diantaranya membantu memahami berbagai karakteristik mahasiswa, mengembangkan kemampuan membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, menambah pengetahuan dalam mengevaluasi hasil belajar mahasiswa, mengembangkan kemampuan melaksanakan proses pembelajaran, menambah pengetahuan tentang teori dan prinsip mengajar, melatih siswa menerapkan norma-norma dalam mengajar, mengembangkan sikap baik siswa sebagai guru, menambah kemampuan komunikasi siswa dalam hal pengembangan pengajaran, dan melatih siswa memanfaatkan hasil refleksi sebagai pengembangan profesional. Dari manfaat microteaching di atas, terlihat bahwa microteaching mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional siswa. Temuan kedua mengungkapkan tantangan yang dihadapi siswa dalam kursus microteaching meliputi kesulitan dalam mendapatkan kepercayaan diri dan kesulitan dalam mengatur proses belajar mengajar yang alami.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | microteaching, teacher competencies, students' perception |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:53 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36545 |