SHILKHANA AZAHRA (2023) REPRESENTASI EFFEMINATE PERSON DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN PANTENE MIRACLES HAIR SUPPLEMENT BARU DAN IKLAN LAZADA 6.6 SALE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (277kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (245kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (769kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Iklan sebagai salah satu media pemberi informasi mengambil peran besar dalam merepresentasikan effeminate person untuk konsumsi publik. Didalam iklan media baru, effeminate person dikonstruksikan bukan sebagai musuh tetapi sebagai bagian dari masyarakat yang dihargai seperti orang pada umumnya. Hal ini digambarkan dengan menunjukkan kemampuan yang mereka miliki sehingga mengubah stereotip negatif masyarakat yang telah lama disematkan pada effeminate person. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi effeminate person dalam iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes melalui penafsiran sign, signifier dan signified untuk menemukan makna denotasi, konotasi dan mitos. Sumber data diambil dari video iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale serta sumber pendukung lainnya dari berbagai literatur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale, memberikan effeminate person ruang untuk berkembang dengan direpresentasikan sebagai seseorang yang percaya diri atas identitas effeminate nya dan mengukuhkan stereotip laki-laki effeminate sebagai seorang pesolek melalui scene-scene yang terdapat dalam iklan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representation, Effeminate person, Semiotics, Advertisement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 08:03 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 08:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36606 |