REPRESENTASI EFFEMINATE PERSON DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN PANTENE MIRACLES HAIR SUPPLEMENT BARU DAN IKLAN LAZADA 6.6 SALE)

SHILKHANA AZAHRA (2023) REPRESENTASI EFFEMINATE PERSON DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN PANTENE MIRACLES HAIR SUPPLEMENT BARU DAN IKLAN LAZADA 6.6 SALE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan sebagai salah satu media pemberi informasi mengambil peran besar dalam merepresentasikan effeminate person untuk konsumsi publik. Didalam iklan media baru, effeminate person dikonstruksikan bukan sebagai musuh tetapi sebagai bagian dari masyarakat yang dihargai seperti orang pada umumnya. Hal ini digambarkan dengan menunjukkan kemampuan yang mereka miliki sehingga mengubah stereotip negatif masyarakat yang telah lama disematkan pada effeminate person. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi effeminate person dalam iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes melalui penafsiran sign, signifier dan signified untuk menemukan makna denotasi, konotasi dan mitos. Sumber data diambil dari video iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale serta sumber pendukung lainnya dari berbagai literatur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru dan Lazada 6.6 Sale, memberikan effeminate person ruang untuk berkembang dengan direpresentasikan sebagai seseorang yang percaya diri atas identitas effeminate nya dan mengukuhkan stereotip laki-laki effeminate sebagai seorang pesolek melalui scene-scene yang terdapat dalam iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representation, Effeminate person, Semiotics, Advertisement
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:03
Last Modified: 03 Nov 2023 08:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36606

Actions (login required)

View Item
View Item