FADILAH RAMADANI JAFAR (2023) EFL LEARNER'S PERCEPTIONS ON THE ADVANTAGES OF USING THE TANDEM APPLICATION TOWARDS ENGLISH LANGUAGE LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (559kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Bab I.pdf
Download (285kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (526kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Teknologi seluler memberikan beberapa manfaat untuk pembelajaran bahasa asing. Misalnya, karena penggunaan gadget dan koneksi internet, Pembelajar EFL dapat mengakses materi bahasa Inggris dengan mudah. Salah satu jenis teknologi seluler adalah Tandem, yaitu aplikasi yang menghubungkan pembelajar bahasa dengan penutur asli dari seluruh dunia. Tandem memiliki banyak keuntungan, seperti mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, menunjukkan penerapan yang mudah, dan melibatkan peserta didik dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi tentang keuntungan menggunakan Aplikasi Tandem untuk pembelajaran bahasa Inggris dan menguji perbedaan antara keuntungan yang dirasakan oleh Pembelajar bahasa Inggris pria dan wanita dalam menggunakan Aplikasi Tandem untuk pembelajaran bahasa Inggris. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain survei dimana kuesioner diberikan. Kuesioner 17 item dirancang untuk mengukur persepsi dan perbedaan antara persepsi Peserta didik laki-laki dan perempuan tentang keuntungan menggunakan Aplikasi Tandem untuk pembelajaran bahasa Inggris. 167 Pelajar EFL berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka adalah pengguna aplikasi Tandem untuk pembelajaran bahasa Inggris. Hasilnya mengungkapkan bahwa persepsi pembelajar tentang keuntungan aplikasi Tandem untuk pembelajaran bahasa Inggris adalah bahwa Pembelajar EFL menguntungkan menggunakan aplikasi Tandem. Selain itu, tidak ada perbedaan yang signifikan antara persepsi siswa laki-laki dan perempuan tentang manfaat penggunaan aplikasi Tandem untuk pembelajaran bahasa Inggris (0,557 > 0,05).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tandem application, advantages, English language learning, EFL learners, perception |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 06:51 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 06:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36625 |