EGIAN DEBERT (2023) POLA KEKUASAAN DALAM GAME ONLINE (STUDI ETNOGRAFI DALAM KINGDOM VS KINGDOM HEROIC ANTHEM PADA GAME RISE OF KINGDOM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (336kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Bab I.pdf
Download (212kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (790kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (809kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Rise of Kingdom (RoK) adalah itu game peperangan (war) antara Kingdom melawan Kingdom lain yang di kembangkan oleh Lilith Games dan lego Games. Tujuan dari RoK adalah untuk memenangkan peperangan antar Kingdom dengan cara mendapatkan Ziggurat pada map KvK. Game RoK dimainkan oleh pemain yang berasal dari berbagai negara, dengan masing-masing dapat bermain satu sama lain dengan pemain yang ada di negara lain. Saat ini, mayoritas pemain Rise of Kingdom selain dari Indonesia berasal dari negara China, Korea, Jepang, Amerika dan Swiss. Penelitian ini pada dasarnya mengamati dan membahas tentang pola komunikasi di dalam KvK Heroic Anthem di Rise of Kingdom. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menganalisis adalah etnografi virtual untuk melihat pola komunikasi yang muncul. Penelitian ini adalah sebuah penelitian diskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, analisis dokumen, serta penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi menggunakan media chat pada game dan Discord memiliki kapasitas pengiriman pesan many to many, real time dan juga memungkinkan komunikasi point to point, broadcastingyang dapat diatur sesuai dengan tujuannya. Komunikasi dalam game RoK masuk dalam Asynchronous Communication, yaitu komunikasi melalui media internet dengan pengirim dan penyampai pesan dalam berinteraksi tidak berada pada kedudukan tempat dan waktu yang sama, namun pesan tetap sampai pada tujuan / sasaran (penerima). Konsep kekuasaan dalam RoK masuk dalam kategori Networked Power, atau kekuatan aktor sosial atas aktor sosial lainnya dalam suatu jaringan. Dalam hal ini ada aktor yang memiliki peran dominan, aktor tersebut dipilih karena mendapat dukungan untuk menjadi King karena memiliki kapasitas baik dengan mempunyai nilai power individu yang tinggi dalam game, memiliki pengalaman perang dalam KvK (Kingdom vs Kingdom), dan mempunyai keunggulan dalam membentuk tim atau membangun relasi dalam membuat sekutu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Games, Communication Patterns, Rise of Kingdom |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 04:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36673 |