KONTRIBUSI KOREA SELATAN DALAM PEMULIHAN EKONOMI INDONESIA PASCA PANDEMI

ALFIKRI OKTAVIAN YUDHISTIRA (2023) KONTRIBUSI KOREA SELATAN DALAM PEMULIHAN EKONOMI INDONESIA PASCA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)

Abstract

Korea Selatan merupakan salah satu negara di Asia yang menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial di kawasan Asia Tenggara. Adanya pandemi Covid-19 yang telah menjadi tantangan global membawa implikasi ke segala sektor kehidupan terutama sektor ekonomi. Indonesia pun menjadi negara yang perekonomiannya terdampak oleh situasi pandemi ini dan membuat Korea Selatan dengan adanya beberapa kebijakan memberikan kontribusi melalui Kerjasama antara kedua negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi yang dilakukan oleh Korea Selatan terhadap Indonesia yang mana memiliki hubungan kerjasama antara kedua negara dalam pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik deskriptif analisis studi pustaka atau literature review dengan fokus pada hubungan kerjasama internasional Indonesia-Korea Selatan selama masa pandemi Covid-19 dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Korea Selatan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi melalui kebijakan New Southern Policy Plus (NSP+) hingga kerja sama yang di jalin di berbagai sektor seperti investasi, ekspor-impor dan perdagangan, energi dan sumber daya mineral, pariwisata hingga e-commerce melalui K-Pop. Berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya, penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya kerjasama yang dijalin oleh kedua negara mendatangkan hasil yang signifikan dalam pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Covid-19 pandemic; South Korea's contribution; Indonesian Economic Recovery; International Cooperation; Bilateral Cooperation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:43
Last Modified: 25 Oct 2023 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36701

Actions (login required)

View Item
View Item