DIKA PRATAMA (2023) STRATEGI PEMASARAN POLITIK PASANGAN KUSTINI SRI PURNOMO DAN DANANG MAHARSA DALAM PILKADA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2020. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (459kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Bab I.pdf
Download (185kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pilkada di Indonesia saat ini dilaksanakan secara serentak. Pilkada serentak ini juga dilaksanakan di Kabupaten Sleman. Pilkada Kabupaten Sleman diadakan pada 9 Desember 2020, yang melibatkan 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yaitu Danang Wicaksana Sulistya-Raden Agus Choliq, Sri Muslimatun-Amin Purnama, dan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa. Pada akhir Pilkada terpilih pasangan nomor urut 3 yaitu Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa, SE. Pasangan Kustini-Danang mampu memenangkan Pilkada Sleman tahun 2020 dengan memperoleh sebanyak 217.921 suara sah (KPUD Sleman, 2020).Penelitian ini akan berfokus pada �Strategi Pemasaran Politik Pasangan Kustini-Danang Dalam Pilkada Sleman Tahun 2020�. Menarik penelitian ini dilakukan untuk dapat mengidentifikasi Bagamana strategi pemasaran politik saat Pilkada dan faktor apa saja yang mempengaruhi kemenangan pasangan ini. Penelitian ini menggunakan Q- DAS (Qualitative Data Analysis Software) Nvivo 12 Plus untuk menganalisis data. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif supaya dapan mengeksplorasi strategi kampanye yang dilakukan saat Pilkada di Kabupaten Sleman Tahun 2020. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Mix Marketing dan diukur oleh empat indikator yang dikenal sebagai 4P yaitu (Product, Promotion, Price, dan Place).Pada penelitian ini ditemukan bahwa strategi Pasangan Kustini-Danang saat Pilkada Sleman tahun 2020 sangat efektif dan mendukung teori political marketing Firmanzah (2007) tentang 4p. Kelebihan pada teori ini adalah mampu menjual produk politik dengan baik, akan tetapi pada penerapannya pasangan Kustini-Danang kurang dalam menunjukan produk tersebut dan mereka lebih mementingkan nilai atau price yang dibangun khususnya nilai citra kepada masyarakat Kabupaten Sleman. Seluruh variabel tentang 4p mempengaruhi keberhasilan Pasangan Kustini-Danang saat Pilkada Sleman, faktor yang paling berpengaruh adalah faktor �Price� khususnya adalah nilai citra yang dibangun oleh Pasangan Kustini-Danang untuk dapat menarik hati dan memperoleh suara dari masyarakat Kabupaten Sleman.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Political Marketing, Election, Campaign |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:52 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36759 |