FEBRIANA NURSUCI WULAN (2023) STRATEGI PROMOSI ONLINE PT TAMAN WISATA CANDI DALAM MENCAPAI KUOTA KUNJUNGAN TARGET CALON WISATAWAN DI MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (816kB)
Bab I.pdf
Download (8MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (825kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Pelaksanaan strategi promosi online PT Taman Wisata Candi upaya mencapai target di masa pandemi di era pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara rinci strategi promosi online PT TWC. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumen yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi online PT TWC melalui sosial media dalam mencapai kuota kunjungan target calon wisatawan di masa pandemi, selain dengan tujuan mendatangkan calon wisatawan, sosial media memberi sarana edukasi dan penyebaran informasi kepada calon pengunjung. Penggunaan media yang digunakan PT TWC berupa akses Facebook dan Instagram yang menyajikan atraksi, paket wisata, kupon hotel dan agenda tahunan dengan tujuan memberikan intensif wisatawan kunjungan. Untuk Twitter dan Website yang memberikan pelayanan informasi seputar destinasi perusahaan yang bisa diakses publik sehingga dapat menimbukan loyalitas kunjungan hingga kunjungan ulang destinasi. Strategi yang dilakukan PT TWC pada tahun 2021 dengan tahapan awal menganalisis situasi internal dan eksternal dengan analisis SWOT, tahap kedua menyeleksi target dengan aspek demografis dan geografis, tahap ketiga merancang pesan konten dengan lima komponen, tahap keempat menetapkan anggaran dengan metode bottom-up, tahap terakhir monitoring dan evaluasi dengan bantuan Google Analytic, serta menerapkan bauran promosi yaitu penjualan personal, promosi penjualan dan pemasaran langsung. Namun PT TWC belum menerapkan survey kepuasan pengunjung terhadap sosial media yang dapat menjadi acuan dalam melakukan monitoring dan evaluasi kedepannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online promotion, Social media, Borobudur Temple Tour |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:03 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36775 |