STRATEGI PROMOSI ONLINE PT TAMAN WISATA CANDI DALAM MENCAPAI KUOTA KUNJUNGAN TARGET CALON WISATAWAN DI MASA PANDEMI

FEBRIANA NURSUCI WULAN (2023) STRATEGI PROMOSI ONLINE PT TAMAN WISATA CANDI DALAM MENCAPAI KUOTA KUNJUNGAN TARGET CALON WISATAWAN DI MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pelaksanaan strategi promosi online PT Taman Wisata Candi upaya mencapai target di masa pandemi di era pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara rinci strategi promosi online PT TWC. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumen yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi online PT TWC melalui sosial media dalam mencapai kuota kunjungan target calon wisatawan di masa pandemi, selain dengan tujuan mendatangkan calon wisatawan, sosial media memberi sarana edukasi dan penyebaran informasi kepada calon pengunjung. Penggunaan media yang digunakan PT TWC berupa akses Facebook dan Instagram yang menyajikan atraksi, paket wisata, kupon hotel dan agenda tahunan dengan tujuan memberikan intensif wisatawan kunjungan. Untuk Twitter dan Website yang memberikan pelayanan informasi seputar destinasi perusahaan yang bisa diakses publik sehingga dapat menimbukan loyalitas kunjungan hingga kunjungan ulang destinasi. Strategi yang dilakukan PT TWC pada tahun 2021 dengan tahapan awal menganalisis situasi internal dan eksternal dengan analisis SWOT, tahap kedua menyeleksi target dengan aspek demografis dan geografis, tahap ketiga merancang pesan konten dengan lima komponen, tahap keempat menetapkan anggaran dengan metode bottom-up, tahap terakhir monitoring dan evaluasi dengan bantuan Google Analytic, serta menerapkan bauran promosi yaitu penjualan personal, promosi penjualan dan pemasaran langsung. Namun PT TWC belum menerapkan survey kepuasan pengunjung terhadap sosial media yang dapat menjadi acuan dalam melakukan monitoring dan evaluasi kedepannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Online promotion, Social media, Borobudur Temple Tour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:03
Last Modified: 26 Oct 2023 03:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36775

Actions (login required)

View Item
View Item