EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE PEER LEARNING TERHADAP STUDENT BURNOUT DAN PENGETAHUAN PATIENT SAFETY MAHASISWA KEPERAWATAN

DYAH SRIWIGATI (2023) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE PEER LEARNING TERHADAP STUDENT BURNOUT DAN PENGETAHUAN PATIENT SAFETY MAHASISWA KEPERAWATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Metode pembelajaran peer learning (PL) merupakan salah satu bagian dari metode pembelajaran student center learning (SCL) dimana menggunakan teman sebaya sebagai tutor dalam proses pembelajaran. PL dapat mengurangi stress mahasiswa, dapat meningkatkan pengetahuan dan skill, mahasiswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari metode pembelajaran peer learning dalam mengurangi student burnout dan meningkatkan pengetahuan patient safety mahasiswa.Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimental dengan rancangan non equivalent control group pre-post test design. Responden sebanyak 40 mahasiswa keperawatan terdiri dari kelompok intervensi (n=20) yang mendapatkan peer learning dan kelompok kontrol (n=20) yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Kuesioner pengumpulan data menggunakan Maslach Burnout Inventory- Student Survey (MBI-SS) untuk student burnout dan multiple choice question (MCQ) mengenai pengetahuan patient safety yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisa data menggunakan uji paired T test dan uji independent T test.Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mendapatkan intervensi PL, skor student burnout pada kelompok intervensi mengalami penurunan (p=0,000) dan pengetahuan patient safety mengalami peningkatan (p=0,012).Kesimpulan: Penerapan PL dan pembelajaran konvensional terdapat perbedaan yang bermakna pada student burnout dan pengetahuan patient safety mahasiswa keperawatan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peer Learning, Student burnout, Patient safety, nursing students
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:17
Last Modified: 25 Oct 2023 06:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36815

Actions (login required)

View Item
View Item