DYAH SRIWIGATI (2023) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE PEER LEARNING TERHADAP STUDENT BURNOUT DAN PENGETAHUAN PATIENT SAFETY MAHASISWA KEPERAWATAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (302kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (137kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang : Metode pembelajaran peer learning (PL) merupakan salah satu bagian dari metode pembelajaran student center learning (SCL) dimana menggunakan teman sebaya sebagai tutor dalam proses pembelajaran. PL dapat mengurangi stress mahasiswa, dapat meningkatkan pengetahuan dan skill, mahasiswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari metode pembelajaran peer learning dalam mengurangi student burnout dan meningkatkan pengetahuan patient safety mahasiswa.Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimental dengan rancangan non equivalent control group pre-post test design. Responden sebanyak 40 mahasiswa keperawatan terdiri dari kelompok intervensi (n=20) yang mendapatkan peer learning dan kelompok kontrol (n=20) yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Kuesioner pengumpulan data menggunakan Maslach Burnout Inventory- Student Survey (MBI-SS) untuk student burnout dan multiple choice question (MCQ) mengenai pengetahuan patient safety yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisa data menggunakan uji paired T test dan uji independent T test.Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mendapatkan intervensi PL, skor student burnout pada kelompok intervensi mengalami penurunan (p=0,000) dan pengetahuan patient safety mengalami peningkatan (p=0,012).Kesimpulan: Penerapan PL dan pembelajaran konvensional terdapat perbedaan yang bermakna pada student burnout dan pengetahuan patient safety mahasiswa keperawatan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Learning, Student burnout, Patient safety, nursing students |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36815 |