ARIS MUNAWAR (2023) ANALISIS PEMBEBANAN TEKAN KOMPOSIT SERAT KARBON TWILL WEAVE/EPOXY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bobot kendaraan yang berat dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar yang tidak efisien, salah satu bahan material yang dapat mereduksi bobot kendaraan ialah komposit, sehingga diperlukannya pengujian pembebanan pada material komposit apabila ingin diaplikasikan. Maka pada tugas akhir kali ini penulis melakukan uji pembebanan secara simulasi, guna mengetahui sifat tekan material komposit serat karbon/epoksi dan mengetahui kecermatan prediksi simulasi dibandingkan dengan hasil eksperimen.Material yang digunakan pada simulasi ini menggunakan karbon epoksi kering dengan dimensi web plate 79,4 mm x 19 mm x 3,2 mm. Metode pembebanan yang dilakukan mengacu pada standar ASTM D695 dan ASTM D3410. Simulasi ini dilakukan menggunakan software ANSYS dengan modulus young 5,17 GPa, poisson ratio 0,3 dan pada simulasi ini menggunakan metode static structural.Hasil simulasi pengujian tekan menunjukkan bahwa standar uji ASTM D3410 menghasilkan kekuatan tekan yang lebih baik dibandingkan dengan ASTM D695. Simulasi pada ASTM D695 mendapatkan hasil tegangan dan regangan maksimum 102,62 MPa dan 0,0022 mm/mm. Sedangkan simulasi pada ASTM D3410 mendapatkan hasil 126,34 MPa dan 0,00244 mm/mm. Hal ini dikarenakan perbedaan pada luas penampang pada benda uji ASTM D3410 lebih kecil dibandingkan dengan benda uji ASTM D695. Hasil validasi yang telah dilakukan pada simulasi dan eksperimen dengan standar uji ASTM D695 menunjukan bahwa nilai tegangan antara simulasi dan eksperimen sebesar 6,58% tidak melebihi batas penyimpangan yang diperbolehkan, sedangkan nilai validasi pada regangan melebihi batas penyimpangan yang diperbolehkan yaitu sebesar 20,86%. Galat yang terjadi antara hasil eksperimen dan simulasi, kemungkinan disebabkan oleh faktor fabrikasi atau konsentrasi massa yang tidak homogen.
Dosen Pembimbing: | Sudarisman, Drs, M.S.Mechs., Ph.D. and Rela Adi Himarosa, S.T., M.Eng. | NIDN0002055901, NIDN0529078802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | CFRP, epoxy, compressive test, simulation |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 03:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |