MUHAMMAD RIGEN MANDHEGANI (2023) CHALLENGES AND STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH TO HEARING-IMPAIRED STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOLS IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab I.pdf
Download (316kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui tantangan yang dihadapi oleh guru ketika mengajar siswa tunarungu dan menyelidiki strategi pengajaran yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris ketika mengajar. Setting penelitian untuk penelitian ini adalah di SLB swasta A dan SLB B di Yogyakarta. Dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa guru memiliki beberapa tantangan yang dihadapi seperti kurangnya penguasaan bahasa, kurangnya masukan pembelajaran, dan memiliki kemampuan yang berbeda, serta memiliki beberapa strategi dalam mengajar siswa tunarungu seperti menggunakan visual, menggunakan gerakan bibir. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data dan menggunakan metode observasi untuk melihat guru saat mengajar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi saat guru mengajar. Peneliti mewawancarai tiga guru dari sekolah khusus swasta yang terpisah. Temuan penelitian ini dikategorikan menjadi dua bagian: yang pertama adalah tantangan yang ditemukan guru ketika mengajar siswa tunarungu dan strategi yang digunakan oleh guru di SLB dan menggunakan berbagai teknik atau strategi untuk mengajar bahasa Inggris bagi siswa tunarungu. Bagian kedua adalah tentang strategi yang diterapkan ketika mengajar dan guru biasanya menggunakan visual sebagai media pengajaran ketika mengajar siswa tunarungu dan guru biasanya menggunakan gambar dan video.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hearing-impaired Students, Challenges when teaching, Strategies when teaching |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 03:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 03:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36824 |