NURUL SALSABILA (2023) THE IMPLEMENTATION OF PAKEM APPROACH IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE AT SENIOR HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (789kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab I.pdf
Download (283kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (660kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (653kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ) adalah suatu proses pembelajaran yang menawarkan pembelajaran aktif untuk menimbulkan kreativitas secara efektif tanpa mengabaikan kegiatan belajar yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan guru menerapkan pendekatan PAKEM dan kegiatan pendekatan PAKEM dalam proses belajar mengajar di kelas. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara dan metode observasi. Partisipan penelitian ini adalah lima guru SMA di Pemalang. Kelima partisipan tersebut dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Temuan penelitian ini menunjukkan alasan guru menerapkan PAKEM adalah 1) memicu partisipasi aktif siswa, 2) memberikan suasana belajar yang bebas stres, 3) mengasah keterampilan non bahasa Inggris, 4) mengakomodasi perbedaan peserta didik, 5) menumbuhkan sikap siswa. berpikir kritis. Temuan juga menunjukkan kegiatan: 1) permainan, 2) diskusi, 3) roleplay, 4) brainstorming.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAKEM Approach, Learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 03:03 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36882 |