THE IMPLEMENTATION OF PAKEM APPROACH IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE AT SENIOR HIGH SCHOOL

NURUL SALSABILA (2023) THE IMPLEMENTATION OF PAKEM APPROACH IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE AT SENIOR HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ) adalah suatu proses pembelajaran yang menawarkan pembelajaran aktif untuk menimbulkan kreativitas secara efektif tanpa mengabaikan kegiatan belajar yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan guru menerapkan pendekatan PAKEM dan kegiatan pendekatan PAKEM dalam proses belajar mengajar di kelas. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara dan metode observasi. Partisipan penelitian ini adalah lima guru SMA di Pemalang. Kelima partisipan tersebut dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Temuan penelitian ini menunjukkan alasan guru menerapkan PAKEM adalah 1) memicu partisipasi aktif siswa, 2) memberikan suasana belajar yang bebas stres, 3) mengasah keterampilan non bahasa Inggris, 4) mengakomodasi perbedaan peserta didik, 5) menumbuhkan sikap siswa. berpikir kritis. Temuan juga menunjukkan kegiatan: 1) permainan, 2) diskusi, 3) roleplay, 4) brainstorming.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PAKEM Approach, Learning
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:03
Last Modified: 25 Oct 2023 03:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36882

Actions (login required)

View Item
View Item