YOGA WIDHIE PRASETYO (2023) ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE STUDENTS' PERCEPTION TOWARDS THE USE OF DUOLINGO ON THEIR ENGLISH LANGUAGE SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (905kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Bab I.pdf
Download (289kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Siswa perlu menguasai bahasa Inggris, dan ada banyak cara untuk mempelajari bahasa tersebut. Salah satunya adalah teknologi, saat ini teknologi digunakan sebagai media pembelajaran yang memudahkan para pelajar. Bahasa Inggris merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa yang ditawarkan oleh Duolingo sebagai platform pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 terhadap manfaat dan tantangan yang dihadapi mahasiswa setelah menggunakan aplikasi Duolingo untuk belajar bahasa Inggris selama satu tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti menggunakan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Peneliti melakukan penelitian dan kriteria partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 dan mahasiswa yang telah menggunakan Duolingo dalam kurun waktu satu tahun untuk belajar bahasa Inggris. Partisipan terdiri dari tiga orang untuk penelitian ini, yaitu satu orang perempuan dan dua orang laki-laki. Temuan pertama adalah manfaat Duolingo terhadap kemampuan Bahasa Inggris mereka. Paragraf ini menjelaskan tentang peningkatan mobilitas siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, pengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa, peningkatan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris, dan peningkatan kosakata siswa. Temuan kedua adalah tantangan penggunaan Duolingo terhadap kemampuan Bahasa Inggris siswa. Paragraf ini menjelaskan tentang penyediaan terjemahan yang tidak praktis bagi siswa, penjelasan tata bahasa yang terbatas, standarisasi bahasa dan kurangnya aksen, perilaku yang salah pada smartphone siswa, dan kurangnya komunikasi dengan siswa lain. Peneliti menarik kesimpulan yang sangat berguna dari penelitian mengenai persepsi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris setelah menggunakan aplikasi Duolingo dalam pembelajaran bahasa Inggris. serta beberapa informasi mengenai penelitian ini seperti latar belakang, pertanyaan penelitian, metode dan hasil temuan, serta kesimpulan dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English Language Skills, Duolingo |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36898 |