ANGGI LISNANDA CHAIRUNNISA (2023) ANALISIS STRATEGI DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MEMPERTAHANKAN KINERJA KEUANGAN BMT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS BMT UMY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (798kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (479kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Selama masa pandemi Covid-19, banyak usahayang kolaps sehingga berdampak pada kegiatan sektorkeuangan seperti BMT. Untuk menghindari dampakpandemi tersebut, BMT UMY membutuhkan strategi yang didasarkan pada informasi akuntasi yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampakpandemi Covid-19 terhadap BMT UMY, strategi BMT UMY dalam mempertahankan kinerja keuangan di masa pandemi Covid-19, dan untuk mengetahuipenerapan penggunaan informasi akuntansi yang dilakukan BMT UMY dalam mempertahankan kinerjakeuangan di masa pandemi Covid-19. Penelitianmenggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada DireksiBMT terdiri dari bagian Keuangan dan bagian Marketing, nasabah BMT UMY terdiri darimahasiswa, staf UMY, mitra penyimpan dana, dan pelaku usaha. Analisis data menggunakan teknikinteraktif. Keabsahan data dilakuan dengan tekniktriangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pertama, dampak pandemi Covid-19 tampakpositif dilihat dari makin intensnya BMT UMY dalammelakukan penawaran kepada calon mitra secaradigital melalui BMT UMY mobile ataupun sosialmedia. Permintaan layanan jual beli (mudharobah) kendaraan bermotor justru meningkat. Kedua, strategi BMT UMY dalam mempertahankan kinerja keuangandi masa pandemi Covid-19 dilakukan denganmenerapkan transaksi secara online, dan fokusmelakukan digital marketing untuk mendapatkan mitraatau nasabah. Penggunaan Instagram dan Facebook oleh BMT UMY menjadi bagian dari digital marketing. Ketiga, penggunaan informasi akuntansioleh BMT UMY selama masa pandemi Covid-19 gunamempertahankan kinerja keuangan diterapkan dengancara mengidentifikasi kebutuhan masyarakatkelompok sasaran yang menghendaki adanya layananyang lebih fleksibel, mudah dan cepat dengan bantuanteknologi informasi. Keputusan memberikan layanansecara online termasuk melalui BMT UMY mobile merupakan hasil dari penggunaan informsi akuntansi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19 Pandemic, Accounting Information, Strategy, Performance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36982 |