DINAMIKA EKSPANSI GOJEK DI VIETNAM

ELMARIESTYA ARDELIA (2023) DINAMIKA EKSPANSI GOJEK DI VIETNAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Go-Jek merupakan perusahaan Indonesia yang menjual jasa di bidang transportasi dengan kecanggihan teknologi kemudian berekspansi ke Vietnam. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dinamika ekspansi Go-Jek di Vietnam, yang memuat tentang strategi apa yang akan Go-Jek gunakan dan apa saja kendala yang dihadapi Go-jek dalam proses ekspansinya ke Vietnam. Penelitian ini menggunakan sistem penulisan deskriptif kualitatif dan menggunakan studi kepustakaan serta sumber data sekunder dengan menggunakan teori MNC. Penelitian ini berargumen bahwa setidaknya terdapat tiga faktor pendukung Go-Jek melakukan ekspansi ke Vietnam yakni pertumbuhan market size di Vietnam, Dukungan pemerintah Vietnam terhadap investasi langsung dan ketergantungan masyarakat akan sepeda motor dan smartphone. Penelitian ini juga menemukan bahwa kendala yang dialami oleh Go-Jek sendiri ialah adanya kompetitor kuat yang sudah hadir lebih dahulu dan mundurnya CEO Go-Viet. Sedangkan strategi yang digunakan oleh Go-jek ialah dengan melibatkan warga lokal agar mereka memiliki rasa memiliki sehingga loyal dan berkomitmen untuk mengembangkann perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Expansion; MNC; Gojek; Vietnam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:29
Last Modified: 24 Oct 2023 07:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/36990

Actions (login required)

View Item
View Item