FAHRUL WICAKSONO MUHTAR (2023) HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UMY DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (983kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (23kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (575kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan menjadi pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, mahasiswa mengalami kecemasan dalam belajar dan memerlukan motivasi. Tanpa adanya motivasi dalam belajar, maka kegiatan belajar akan sulit berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis kecemasan mahasiswa FAI UMY di masa Pandemi Covid-19, (2) menganalisis motivasi belajar mahasiswa FAI UMY di masa Pandemi Covid-19, (3) melihat signifikansi hubungan kecemasan akademik dengan motivasi belajar mahasiswa FAI UMY di masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang masih aktif kuliah dan penarikan sampel dengan purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 77 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan skala kecemasan akademik dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kecemasan akademik berada pada kategori sedang, (2) motivasi belajar berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan akademik dengan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil uji korelasi yang dihasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0> Pearson Correlation sebesar -0,792 maka dalam hubungan negatif. Artinya semakin tinggi kecemasan akademik maka semakin rendah motivasi belajar begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic Anxiety, Learning Motivation, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:03 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37051 |