Muhammad Khoirudin (2021) PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN DAN BUSI PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH SUPRA X 125 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM DAN ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 12%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (607kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (782kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (923kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (753kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Sepeda motor memiliki sistem pengapian dimana sistem pengapian ini berperan penting dalam proses pembakaran antara campuran bahan bakar dan udara yang terjadi diruang bakar. Jika sistem pengapiannya bagus maka motor dapat bekerja secara maksimal dan untuk memaksimalkan kinerja motor ada beberapa komponen sistem pengapian yang perlu diganti seperti CDI dan busi. Penggantian CDI dan busi standar menjadi CDI dan busi racing diharapkan mampu meningkatkan kinerja pada motor.
Pada penelitian ini menggunakan sepeda motor Honda Supra X 125 cc berbahan bakar campuran premium dan etanol 12%. Pengujian percikan bunga api dilakukan dengan alat uji percikan bunga api, untuk daya dan torsi menggunakan dynamometer, dan pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan uji jalan. Sebelum melakukan pengambilan data daya, torsi, dan komsumsi bahan bakar dilakukan pengujian temperatur kerja pada sepeda motor untuk acuan temperatur pada saat pengambilan data daya, torsi, komsumsi bahan bakar, dan melakukan percobaan mapping sebanyak 4 kali untuk mendapatkan acuan yang akan digunakan ketika pengambilan daya dan torsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CDI BRT I-MAX dan busi iridium menghasilkan percikan bunga api yang lebih fokus jika dibandingkan dengan menggunakan variasi lainnya begitu juga untuk hasil daya dan torsi pada variasi CDI BRT I-MAX dan busi iridium menghasilkan daya dan torsi tertinggi dimana daya yang dihasilkan sebesar 10,3 HP pada putaran mesin 6.894 RPM dan torsi sebesar 10,99 N.m pada putaran mesin 6.467 RPM. Hasil konsumsi bahan bakar paling boros menggunakan CDI standar dan busi iridium yaitu 49,4 km/l dan konsumsi bahan bakar paling irit menggunakan CDI standar dan busi standar yaitu 52,2 km/l.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 07:11 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3710 |