MUHAMMAD TAUFIQUL HIDAYAT (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (573kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Bab I.pdf
Download (135kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa sangat dibutuhkan pasca pandemi ini, karena pembelajaran daring yang terlalu lama membuat siswa lebih terpaku pada gadget. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa pasca pandemi covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Godean. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI, Guru Pendidikan Bahasa Inggris, dan Peserta didik. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP Muhammadiyah 1 Godean adalah dilakukan dengan beberapa tahap antara lain tahap transaksi nilai, tahap transformasi nilai dan trans-internalisasi nilai. Adapun Tantangan dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa adalah kurangnya guru dalam memahami nilai karakter siswa, guru belum memiliki kompetensi yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-niai karakter pada mata pelajaran yang diampunya, dan kemajuan di era digital. Peluang yang di dapatkan adalah sarana prasarana yang memadahi di sekolah membuat siswa semakin meningkatkan pengetahuan tentang teknologi informasi di era digital. Hal ini terjadi karena sifat pembiasaan anak zaman sekarang tentang penggunaan gadget. Kemudian semakin banyaknya siswa yang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy, Responsibility characters, Post Pandemic |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:36 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37117 |