STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN

MUHAMMAD TAUFIQUL HIDAYAT (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa sangat dibutuhkan pasca pandemi ini, karena pembelajaran daring yang terlalu lama membuat siswa lebih terpaku pada gadget. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa pasca pandemi covid-19 di SMP Muhammadiyah 1 Godean. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI, Guru Pendidikan Bahasa Inggris, dan Peserta didik. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di SMP Muhammadiyah 1 Godean adalah dilakukan dengan beberapa tahap antara lain tahap transaksi nilai, tahap transformasi nilai dan trans-internalisasi nilai. Adapun Tantangan dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa adalah kurangnya guru dalam memahami nilai karakter siswa, guru belum memiliki kompetensi yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-niai karakter pada mata pelajaran yang diampunya, dan kemajuan di era digital. Peluang yang di dapatkan adalah sarana prasarana yang memadahi di sekolah membuat siswa semakin meningkatkan pengetahuan tentang teknologi informasi di era digital. Hal ini terjadi karena sifat pembiasaan anak zaman sekarang tentang penggunaan gadget. Kemudian semakin banyaknya siswa yang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Responsibility characters, Post Pandemic
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:36
Last Modified: 24 Oct 2023 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37117

Actions (login required)

View Item
View Item