STRATEGI PROMOSI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT CALON SISWA BARU PASCA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2021/2022

ANNISA NUR FADILAH (2023) STRATEGI PROMOSI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT CALON SISWA BARU PASCA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Virus Corona pertama kali terdeteksi pada Maret 2020 di Indonesia dan menyebabkan segala aktivitas masyarakat di luar ruangan dihentikan oleh pemerintah. Kegiatan belajar mengajar siswa sekaligus kegiatan yang menyangkut administrasi sekolah pun dikerjakan secara online oleh guru dan tenaga kependidikan sekolah. Pandemi COVID-19 ini juga sangat berimbas pada persaingan antarsekolah dalam hal penerimaan calon siswa baru, khususnya dalam lingkup sekolah swasta. Oleh karena itu, mau/tidak mau sekolah swasta dituntut membuat strategi promosi yang efektif dalam rangka menarik minat calon siswa baru untuk mendaftar ke sekolah tersebut. Sekolah perlu mengetahui target sasaran dari sebuah promosi, merencanakan strategi promosi, merencanakan program promosi, serta mengorganisir, melaksanakan, dan mengendalikan usaha promosi tersebut. Perlunya menjaga dan meningkatkan kualitas sekolah karena akan memengaruhi tinggi/rendahnya antusiasme calon siswa baru untuk mendaftar. Meski begitu, yang tidak kalah pentingnya adalah informasi dari para alumni maupun siswa yang sedang menempuh pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (SMA Muga). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam menarik minat para calon siswa baru pasca Pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, strategi promosi yang digunakan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dilakukan dengan: perencanaan promosi, pelaksanaan/implementasi dari promosi tersebut, dan evaluasi yang diadakan setelah proses promosi itu berjalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Post COVID-19, private schools, promotion strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:21
Last Modified: 24 Oct 2023 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37127

Actions (login required)

View Item
View Item