ANNISA NUR FADILAH (2023) STRATEGI PROMOSI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT CALON SISWA BARU PASCA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (406kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Bab I.pdf
Download (269kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (525kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Virus Corona pertama kali terdeteksi pada Maret 2020 di Indonesia dan menyebabkan segala aktivitas masyarakat di luar ruangan dihentikan oleh pemerintah. Kegiatan belajar mengajar siswa sekaligus kegiatan yang menyangkut administrasi sekolah pun dikerjakan secara online oleh guru dan tenaga kependidikan sekolah. Pandemi COVID-19 ini juga sangat berimbas pada persaingan antarsekolah dalam hal penerimaan calon siswa baru, khususnya dalam lingkup sekolah swasta. Oleh karena itu, mau/tidak mau sekolah swasta dituntut membuat strategi promosi yang efektif dalam rangka menarik minat calon siswa baru untuk mendaftar ke sekolah tersebut. Sekolah perlu mengetahui target sasaran dari sebuah promosi, merencanakan strategi promosi, merencanakan program promosi, serta mengorganisir, melaksanakan, dan mengendalikan usaha promosi tersebut. Perlunya menjaga dan meningkatkan kualitas sekolah karena akan memengaruhi tinggi/rendahnya antusiasme calon siswa baru untuk mendaftar. Meski begitu, yang tidak kalah pentingnya adalah informasi dari para alumni maupun siswa yang sedang menempuh pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta (SMA Muga). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam menarik minat para calon siswa baru pasca Pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, strategi promosi yang digunakan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dilakukan dengan: perencanaan promosi, pelaksanaan/implementasi dari promosi tersebut, dan evaluasi yang diadakan setelah proses promosi itu berjalan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Post COVID-19, private schools, promotion strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37127 |