ANGGA DWI KURNIAWAN (2023) KETAHANAN LELAH SAMBUNGAN LAS GESEK (CDFW) BAHAN STAINLESS STEEL 304 PADA UJI ROTARY BENDING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (330kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (40kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (275kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (743kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (650kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (685kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Aplikasi pengelasan gesek dapat digunakan pada penyambungan poros penggerak pada truk (axle shaft). Kegagalan lelah sering terjadi pada aplikasi penyambungan axle shaft. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban terhadap jumlah siklus terjadinya kegagalan lelah, karakteristik struktur mikro serta nilai kekerasan pada sambungan las gesek bahan AISI 304.Pengelasan gesek dilakukan dengan parameter tekanan gesek sebesar 25 MPa selama 6 detik, tekanan tempa 125 MPa selama 5 detik, putaran spindle 1000 rpm. Spesimen yang digunakan dibuat berdasarkan standar pengujian ASTM E466 tentang pengujian rotary bending. Pengujian rotary bending menggunakan parameter beban 9kgf, 12kgf, 15kgf, 18kgf, dan 21kgf. Pengujian struktur mikro dilakukan dengan campuran larutan etsa HCl 75
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Friction welding, fatigue test, micro structure, hardness |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 02:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 02:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37210 |