EGGY SHERLINDA (2023) PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM PADA APLIKASI SHOPEE MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS: PENGGUNA BRAND RABBANI DI KALANGAN MASYARAKAT YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap minat beli konsumen muslim pada aplikasi Shopee melalui brand image sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah masyarakat muslim Yogyakarta yang pernah membeli produk Rabbani melalui aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert yang dianalisis menggunakan SPSS Versi 26. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden penelitian sebanyak 200 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan analisis regresi dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WoM berpengaruh positif terhadap brand image, brand image berpengaruh positif terhadap minat beli, E-WoM berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada produk Rabbani, E-WoM berpengaruh positif terhadap minat beli melalui brand image sebagai mediasi secara parsial. Artinya semakin tinggi pengaruh E-WoM yang terjalin antar konsumen terkait suatu produk, maka akan semakin baik pula brand image yang tercipta, sehingga minat beli akan semakin meningkat.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Zakiy, S.E.I., M.Sc. | NIDN0520049101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Purchase Interest, Brand Image. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 02:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 02:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |