HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG COVID-19 DENGAN KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN PASCA 2 TAHUN PANDEMI PADA MAHASISWA KESEHATAN DAN NON KESEHATAN UMY

RAJENDRA AGNAF ARTONSENA (2023) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG COVID-19 DENGAN KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN PASCA 2 TAHUN PANDEMI PADA MAHASISWA KESEHATAN DAN NON KESEHATAN UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Covid-19 adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus corona yang selanjutnya disebut Sars-Cov 2 (severeacute respiratory syndrome coronavirus- 2). Saat ini covid-19 telah mewabah selama 2 tahun di Indonesia. Namun, yang menjadi masalah lebih kepada kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Minimnya pengetahuan tentang covid- 19 yang dimiliki mahasiswa menyebabkan mahasiswa tidak patuh terhadap protokol kesehatan sehingga penyebaran covid-19 menjadi tidak terkendali. Berdasarkan adanya hubungan antara pengetahuan tentang covid-19 dengan kepatuhan dalam melakukan protokol kesehatan maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan mahasiswa kesehatan dan non kesehatan UMY tentang covid-19 dengan kepatuhan protokol kesehatan pasca 2 tahun pandemi.Metode: Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian observasional deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 156 mahasiswa kedokteran dan 174 mahasiswa teknik sipil. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner mengenai pengetahuan tentang covid-19 dengan nilai Cronbach�s Alpha 0.951 dan mengenai kepatuhan menjalankan protokol kesehatan dengan hasil Cronbach�s Alpha 0.964. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square.Hasil: Pada penelitian ini sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan baik tentang covid-19. Responden yang memiliki pengetahuan baik tentang covid-19 pada prodi kedokteran sebanyak 131 (84%) dari total 156 responden dan pada prodi teknik sipil sebanyak 133 (76,4%) dari total 174 responden. Pada penelitian ini diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang covid-19 dengan kepatuhan protokol kesehatan dengan nilai signifikan lebih kecil dari ? (0,05).Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang covid-19 dengan kepatuhan melakukan protokol kesehatan. Pada mahasiwa kedokteran memiliki nilai pengetahuan dan kepatuhan protokol kesehatan lebih baik dari mahasiswa teknil sipil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Knowledge About Covid-19, Health Protocol Compliance
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:25
Last Modified: 15 Dec 2023 08:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37283

Actions (login required)

View Item
View Item