STUDENTS' PERCEPTION ABOUT ONLINE LEARNING THROUGHMOODLE IN A PRIVATE UNIVERSITY

RANNY APRILLIA FATMAWATI (2023) STUDENTS' PERCEPTION ABOUT ONLINE LEARNING THROUGHMOODLE IN A PRIVATE UNIVERSITY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sejak berdirinya, penelitian tentang Moodle telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Namun terbatas pada kelebihan dan kekurangan Moodle sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, manfaat, dan tantangan penggunaan Moodle menurut persepsi siswa. Desain penelitian kualitatif deskriptif diterapkan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sepuluh mahasiswa dari tahun akademik kedua dan ketiga dari 8 jurusan dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta secara sukarela terlibat. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data. Pentranskripsian dan pengecekan anggota dilakukan oleh peneliti sebelum menganalisis dan menarik kesimpulan untuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peserta mengalami beberapa kegiatan menggunakan Moodle seperti mengadakan kuis, ujian, konferensi video, berbagi materi, dan mencatat kehadiran. Manfaat yang ditangkap dapat dikatakan sebagai platform yang ramah pengguna, terintegrasi, dan mendukung pembelajaran mandiri. Terakhir, terkait temuan ketiga, tantangan juga ditemukan seperti server down, ukuran file yang dibutuhkan, dan pemberitahuan minimum untuk tugas yang harus diselesaikan. Hasil penelitian kali ini menambah nuansa dan pembahasan di bawah penggunaan Moodle sebagai sistem manajemen pembelajaran. Rekomendasi untuk beberapa pihak juga disebutkan di bagian akhir bab ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Moodle, learning medium, activities, benefits, challenges
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:15
Last Modified: 23 Oct 2023 07:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37293

Actions (login required)

View Item
View Item