MUHAMMAD SHAFY FAKHRUROZI (2021) IMPLIKASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 53 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN JAM BELAJAR MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (982kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Bab I.pdf
Download (224kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (652kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (945kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 53 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jam Belajar Masyarakat merupakan langkah pemerintah untuk mendorong kepedulian masyarakat terhadap pendidikan. Oleh karena itu proses pelaksanaan peraturan Jam Belajar Masyarakat membutuhkan partisipasi masyarakat supaya pelaksanaan peraturan berjalan efektif dan memberikan dampak kepada masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan. Dengan menggunakan metode penelitian Hukum Normatif-Empiris dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik pengumpulan data studi kepustakaan,dokume-dokumen, Undang – Undang dan juga melalui observasi dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti serta melakukan wawancara menggunakan pedoman wawancara penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana Partisipasi Masyarakat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Warga Kota Yogyakarta melalui penyelenggaraan Jam Belajar Masyarakat dalam mendorong kepedulian dan juga partisipasi masyarakat terhadap pendidikan tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan partisipasi masyarakat berjalan dengan baik dimana penyelenggaraan Jam Belajar Masyarakat di lingkungan masyarakat berbeda- beda dan memberi manfaat kepada masyarakat terutama kepada anak – anak usia sekolah dan juga masyarakat kota Yogyakarta dalam meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan masyarakat namun jika dilihat dalam pelaksanaan penyelenggaraan Jam Belajar Masyarakat masih ditemukan kendala-kendalafaktor penghambat dari penyelenggaraan peraturan ini terletak pada anggaran yang terbatas ,kepatuhan dan juga keterlibatan masyarakat.sehingga belum berjalan maksimal Hal ini dapat dikatakan bahwa Partisipasi Masyarakat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Warga Kota Yogyakarta
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 07:07 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 07:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3735 |