ZENA FATHYIR HAKYIM (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Bab I.pdf
Download (147kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu komponen penting dalam tahap yang harus ditempuh oleh seorang guru untuk mengetahui keefektifan dalam pembelajaran. Hasilnya dapat menjadi feedback bagi guru dalam memperbaiki atau menyempurnakan program dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian yang berjudul Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMA 1 Muhammadiyah Prambanan pada masa Pandemi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Akidah Akhlak dan siswa 3 orang. Metode penelitian menggunakan triangualsi adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi, penyajian dan yang terakhir penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perencanaan Evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak di SMA Muhammadiyah 1 Prambanan sudah dilaksanakan sesuai perencanaan yang telah dibuat yaitu tujuan dilaksanakannya evaluasi dan menentukan metode yang akan digunakan dalam evaluasi. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan metode online dan offline, evaluasi online dengan tanya jawab dan pilihan ganda yang diberikan melalui grup whatapp, sedangkan offline dilakukan dengan cara memberi pertanyaan seputar materi minggu lalu secara lisan dan pemberian tugas untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang sudah disampaikan. Kendala adalah sautu proses yang akan menghambat suatu perencanaan dengan tujuan yang sudah ditentukan, terkait dengan kendala di penelitian ini yaitu pengalaman mengajar dan pembelajaran yang dilakukan pada masa pendemi ini menjadi faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan evaluasi berlangsung sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak di sekolah tersebut kurang efektif ketika pembelajaran dilakukan secara hybrid. Karena terbaginya fokus guru terhadap siswa yang mengikuti pembelajaran online dan offline. Saat online guru tidak dapat melakukan evaluasi dengan efektif karena tidak dapat memantau secara langsung baik dalam pengetahuan maupun sikapnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evalution of Learning, Online, Aqidah Akhlak |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37409 |