PENGARUH RASIO HIBRID TERHADAP SIFAT BENDING BALOK PANJANG PAPAN SERBUK KAYU JATI (SKJ)/ SERAT GELAS (GF)/ POLYESTER (PE)

WAHYU ANDIKA (2023) PENGARUH RASIO HIBRID TERHADAP SIFAT BENDING BALOK PANJANG PAPAN SERBUK KAYU JATI (SKJ)/ SERAT GELAS (GF)/ POLYESTER (PE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komposit merupakan gabungan dari dua atau lebih material, dimana gabungan tersebut menghasilkan material baru yang karakteristiknya berbeda dari material penyusunnya. Keunggulan dari material ini yaitu mempunyai nilai kekakuan yang baik, kekuatan yang tinggi, ringan, dan tahan terhadap korosi. Salah satu material penyusun yang sering digunakan dalam komposit yaitu serat gelas. Material penyusun yang lain yang dapat digunakan sebagai penguat dalam komposit yaitu serbuk kayu jati. Saat ini, Potensi yang dimiliki oleh serbuk kayu jati bertolakbelakang dengan kebermanfaatannya, sehingga limbah dari serbuk tersebut masih banyak yang dibuang dan tidak ada nilai ekonomisnya. Oleh karena itu, serbuk kayu jati dapat dijadikan alternatif sebagai material penyusun komposit agar nilai kebermanfaatan dari serbuk tersebut meningkat. Pemanfaatan serbuk kayu jati jua diharapkan mampu meningkatkan kemampuan urai dari material komposit.Variasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perbandingan panjang bentang (L) terhadap tebal komposit yang digunakan yaitu L/d=32 dan L/d=40 dan perbandingan hybrid lapisan komposit hibrida serbuk kayu jati/glass fiber dengan variasi lapisan serat gelas 0, 1, 2, dan 10. Variabel kedua merupakan perbandingan panjang bentang (L) terhadap tebal komposit yaitu L/d =32, L/d = 40, sedangkan V(f-tot) tetap 30%. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengujian bending dan beberapa parameter yang diamati yaitu kekuatan bending, regangan bending, modulus elastisitas, dan mode patah dari spesimen yang diuji.Hasil yang didapatkan yaitu pada rasio panjang L/d=32 didapatkan nilai rata-rata kekuatan bending terendah berada pada 0 lapisan serat gelas dengan nilai 37.21 MPa dan yang tertinggi berada pada 10 lapisan serat gelas dengan nilai 613.46 MPa. Pada rasio panjang L/d=40 didapatkan nilai rata-rata kekuatan bending terendah berada pada 0 lapisan serat gelas dengan nilai 34.62 MPa dan yang tertinggi berada pada 10 lapisan serat gelas dengan nilai 412.8 MPa. Regangan bending paling tinggi pada rasio panjang L/d=32 terdapat pada variasi 10 lapis serat gelas yang nilainya sebesar 1.73%, sedangkan pada rasio panjang L/d=40 nilai regangan bending paling tinggi terdapat pada variasi 10 lapis serat gelas yang nilainya sebesar 2.82%. Modulus elastisitas paling tinggi pada rasio panjang L/d=32 terdapat pada variasi 10 lapis serat gelas yang nilainya sebesar 30.21 MPa, sedangkan pada rasio panjang L/d=40 nilai modulus elastisitas paling tinggi terdapat pada variasi 10 lapis serat gelas yang nilainya sebesar 10.62 MPa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: composite, teak wood powder, glass fiber, hybrid, polyester
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:22
Last Modified: 02 Nov 2023 04:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37524

Actions (login required)

View Item
View Item