RIYANTAMA (2023) PEMBUATAN GAME DESIGN DOCUMENT (GDD) CHESSBOMB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (512kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (629kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (68kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (861kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Catur adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang yang mensimulasikan perang antara dua kerajaan. Catur memiliki berbagai macam keunikan gameplay yang bervariasi seperti 3D battle chess set series yang mengembangkan permainan catur secara 3 dimensi serta laser chess yang mengkombinasikan game catur dan shooter. karena kebutuhan pasar industri game terutama pada game catur yang masih membutuhkan inovasi baru. maka penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game design document (GDD) dari game catur yang dikombinasikan dengan game bomberman. Game bomberman memiliki mekanik game yang tidak dipunyai oleh catur. Mekanik ini akan menjadi game yang lebih modern dengan memasukkan beberapa elemen bomberman ke dalam game catur sehingga menjadi game yang baru, penulis beriinisiatif untuk membuat game design document dengan menggabungkan 2 game yang diberi nama chessbomb. Dalam pembuatan GDD tersebut, ada tiga tahap iterasi yang dilakukan. Di setiap iterasi, penulis melakukan conceptualization, membuat GDD sementara, melakukan prototyping, dan melakukan playtesting. Setelah melalui semua hal tersebut, maka akn terbentuk GDD Final. Setelah GDD final dibuat akan dilakukan pengujian dengan metode kuisioner terhadap playtester. Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembuatan GDD chessbomb ini menghasilkan sebuah game yang telah memenuhi dari sisi balance, fun, dan startegi. Diharapkan kedepannya game ini masuk ke tahap production yaitu pembuatan game dalam bentuk digital, pembuatan tema, dan alur cerita dalam game.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chess, Bomberman, ChessBomb, Game Design Document, iteration, playtesting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:22 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37530 |