DIKI KURNIAWAN (2023) GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN GIGI DAN KEPUASAN PASIEN YANG BERKUNJUNG DI KLINIK PRATAMA PKU MUHAMMADIYAH SRANDAKAN DI ERA PANDEMIPANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang: Berdasarkan data tahunan, jumlah kunjungan di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan tidak sesuai dengan target. Hal tersebut dilihat dari tidak adanya peningkatan yang signifikan dari bulan ke bulan. Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan sebagai salah satu pusat kesehatan masyarakat di Kecamatan Srandakan, sudah seharusnya menjaga dan meningkatkan pelayanannya agar pasien merasa puas. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan perawatan gigi di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan di era pandemi Covid-19. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Subjek penelitian adalah 106 responden yang melakukan perawatan gigi di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan pelayanan dan prosedur pelayanan. Kuesioner kepuasan pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty. Kuesioner prosedur pelayanan terdiri dari pendaftaran dan ruang tunggu, tahap anamnesa dan diagnosis, tahap persiapan, tahap perawatan, serta tahap tindakan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil: Kuesioner kepuasan pelayanan yang ditinjau dari lima dimensi yang dikaitkan dengan jenis kelamin, umur, dan jenis pekerjaan, mayoritas menilai dengan kategori puas. Kuesioner prosedur pelayanan yang ditinjau dari lima tahapan yang dikaitkan dengan jenis kelamin, umur, dan jenis pekerjaan, mayoritas menilai dengan kategori sangat puas. Menurut jenis kelamin, perempuan cenderung lebih puas daripada laki-laki. Mayoritas responden di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan adalah golongan muda yang berarti bahwa pelayanan di klinik ini sudah bagus karena mayoritas mereka merasa puas. Apabila dihubungkan dengan jenis pekerjaan, mayoritas responden yang tidak bekerja akan merasa cepat puas daripada responden yang memiliki pekerjaan. Kesimpulan: Penilaian terhadap lima dimensi dan lima prosedur terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan sebagian besar responden menyatakan puas dan sangat puas.
Dosen Pembimbing: | Iwan Dewanto, drg., M.M., Ph.D. | NIDN0506117201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Service, Dental and oral health, Satisfaction, Clinic, Pandemic Covid- 19 |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |