DIKI KURNIAWAN (2023) GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN PERAWATAN GIGI DAN KEPUASAN PASIEN YANG BERKUNJUNG DI KLINIK PRATAMA PKU MUHAMMADIYAH SRANDAKAN DI ERA PANDEMIPANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (889kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (92kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (652kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang: Berdasarkan data tahunan, jumlah kunjungan di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan tidak sesuai dengan target. Hal tersebut dilihat dari tidak adanya peningkatan yang signifikan dari bulan ke bulan. Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan sebagai salah satu pusat kesehatan masyarakat di Kecamatan Srandakan, sudah seharusnya menjaga dan meningkatkan pelayanannya agar pasien merasa puas. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan perawatan gigi di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan di era pandemi Covid-19. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Subjek penelitian adalah 106 responden yang melakukan perawatan gigi di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan pelayanan dan prosedur pelayanan. Kuesioner kepuasan pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty. Kuesioner prosedur pelayanan terdiri dari pendaftaran dan ruang tunggu, tahap anamnesa dan diagnosis, tahap persiapan, tahap perawatan, serta tahap tindakan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil: Kuesioner kepuasan pelayanan yang ditinjau dari lima dimensi yang dikaitkan dengan jenis kelamin, umur, dan jenis pekerjaan, mayoritas menilai dengan kategori puas. Kuesioner prosedur pelayanan yang ditinjau dari lima tahapan yang dikaitkan dengan jenis kelamin, umur, dan jenis pekerjaan, mayoritas menilai dengan kategori sangat puas. Menurut jenis kelamin, perempuan cenderung lebih puas daripada laki-laki. Mayoritas responden di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan adalah golongan muda yang berarti bahwa pelayanan di klinik ini sudah bagus karena mayoritas mereka merasa puas. Apabila dihubungkan dengan jenis pekerjaan, mayoritas responden yang tidak bekerja akan merasa cepat puas daripada responden yang memiliki pekerjaan. Kesimpulan: Penilaian terhadap lima dimensi dan lima prosedur terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Srandakan sebagian besar responden menyatakan puas dan sangat puas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service, Dental and oral health, Satisfaction, Clinic, Pandemic Covid- 19 |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37533 |