EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN KALASAN

SHOLAWATI (2023) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN KALASAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan inti dari pelaksanaan pendidikan secara umum. Pendidikan karakter di sekolah sudah direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, tetapi evaluasi belum maksimal. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan karakter di sekolah, khususnya sekolah dasar yang berbasis Islam yaitu sekolah dasar Muhammadiyah di Kecamatan Kalasan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan mix method (Kualitatif dan Kuantitatif). Penelitian dilakukan di 4 SD Muhammadiyah di Kecamatan Kalasan. Evaluasi dilakukan terhadap unsur konteks, input, proses, dan produk program pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta angket penilaian sikap menggunakan aplikasi penilaian kecerdasan emosi dan sosial sekolah dasar (PKesSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa input program sudah sangat baik. Konteks, proses, dan produk program pendidikan karakter berada pada kategori baik. Hasil penilaian sikap spiritual dan sosial rata-rata siswa mendapat nilai di atas 3 yang berarti baik. Hasil penilaian kecerdasan emosi dan sosial menunjukkan bahwa pada aspek afektif dan psikomotor, siswa memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sedangkan kognitif sedang. Hal ini berarti bahwa siswa sudah sangat baik dalam merasakan dan melaksanakan nilai-nilai karakter yang telah diajarkan, tetapi siswa belum memahami sepenuhnya mengapa mereka melakukan hal tersebut. Dampaknya, nilai karakter ini akan mudah hilang ketika siswa berada di ligkungan baru yang tidak menerapkan kebiasaan yang sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Character Education, Mix Method
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:35
Last Modified: 18 Oct 2023 06:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37549

Actions (login required)

View Item
View Item