SHOLAWATI (2023) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN KALASAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (522kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab I.pdf
Download (520kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (661kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Pendidikan karakter merupakan inti dari pelaksanaan pendidikan secara umum. Pendidikan karakter di sekolah sudah direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, tetapi evaluasi belum maksimal. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan karakter di sekolah, khususnya sekolah dasar yang berbasis Islam yaitu sekolah dasar Muhammadiyah di Kecamatan Kalasan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan mix method (Kualitatif dan Kuantitatif). Penelitian dilakukan di 4 SD Muhammadiyah di Kecamatan Kalasan. Evaluasi dilakukan terhadap unsur konteks, input, proses, dan produk program pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta angket penilaian sikap menggunakan aplikasi penilaian kecerdasan emosi dan sosial sekolah dasar (PKesSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa input program sudah sangat baik. Konteks, proses, dan produk program pendidikan karakter berada pada kategori baik. Hasil penilaian sikap spiritual dan sosial rata-rata siswa mendapat nilai di atas 3 yang berarti baik. Hasil penilaian kecerdasan emosi dan sosial menunjukkan bahwa pada aspek afektif dan psikomotor, siswa memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sedangkan kognitif sedang. Hal ini berarti bahwa siswa sudah sangat baik dalam merasakan dan melaksanakan nilai-nilai karakter yang telah diajarkan, tetapi siswa belum memahami sepenuhnya mengapa mereka melakukan hal tersebut. Dampaknya, nilai karakter ini akan mudah hilang ketika siswa berada di ligkungan baru yang tidak menerapkan kebiasaan yang sama.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluation, Character Education, Mix Method |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 06:35 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 06:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37549 |