ANDHIKA NUR ARIFIN (2023) RANCANG BANGUN TANGIBLE USER INTERFACE BERBASIS PICTOBLOX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (376kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (24kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (680kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (700kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Tangible User Interface merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berinteraksi dengan sistem informasi digital melalui sebuah objek fisik. Melalui objek fisik tersebut pengguna dapat mengendalikan, memanipulasi, dan mengoperasikan sistem dengan objek penggerak dan dapat mentransformasikan informasi ke dalam bentuk digital yang dapat diamati secara langsung. Pada penelitian ini membuat sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi benda-benda berbentuk geometri sebagai media pembelajaran edukasi untuk siswa taman kanak-kanak. Siswa hanya perlu memasukkan benda berbentuk geometri ke sebuah papan pembaca, kemudian sensor akan membaca benda tersebut dan informasi yang dibaca oleh sensor itu akan ditampilkan pada layar monitor komputer secara langsung, sehingga dapat mempermudah para siswa untuk memahami bentuk-bentuk geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sensor Proximity E18-D80NK sudah mampu mendeteksi keberadaan benda berbentuk geometri dengan sangat baik. Perancangan aplikasi media pembelajaran edukasi bentuk-bentuk geometri berbasis Tangible User Interface ini mampu bekerja dengan baik tanpa ada kendala serta dapat diterima oleh guru dan siswa. Perancangan aplikasi media pembelajaran ini dapat meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan minat siswa dalam memahami bentuk-bentuk geometri. Berdasarkan hasil survei kuesioner tentang uji coba aplikasi yang dilakukan pada SPS Mawar Molodono didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna, simpel dan memiliki tampilan yang menarik bagi para guru dan siswa taman kanak-kanak tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tangible user interface, learning media, geometry |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 06:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 06:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37620 |