RANCANG BANGUN TANGIBLE USER INTERFACE BERBASIS PICTOBLOX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI

ANDHIKA NUR ARIFIN (2023) RANCANG BANGUN TANGIBLE USER INTERFACE BERBASIS PICTOBLOX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tangible User Interface merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berinteraksi dengan sistem informasi digital melalui sebuah objek fisik. Melalui objek fisik tersebut pengguna dapat mengendalikan, memanipulasi, dan mengoperasikan sistem dengan objek penggerak dan dapat mentransformasikan informasi ke dalam bentuk digital yang dapat diamati secara langsung. Pada penelitian ini membuat sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi benda-benda berbentuk geometri sebagai media pembelajaran edukasi untuk siswa taman kanak-kanak. Siswa hanya perlu memasukkan benda berbentuk geometri ke sebuah papan pembaca, kemudian sensor akan membaca benda tersebut dan informasi yang dibaca oleh sensor itu akan ditampilkan pada layar monitor komputer secara langsung, sehingga dapat mempermudah para siswa untuk memahami bentuk-bentuk geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sensor Proximity E18-D80NK sudah mampu mendeteksi keberadaan benda berbentuk geometri dengan sangat baik. Perancangan aplikasi media pembelajaran edukasi bentuk-bentuk geometri berbasis Tangible User Interface ini mampu bekerja dengan baik tanpa ada kendala serta dapat diterima oleh guru dan siswa. Perancangan aplikasi media pembelajaran ini dapat meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan minat siswa dalam memahami bentuk-bentuk geometri. Berdasarkan hasil survei kuesioner tentang uji coba aplikasi yang dilakukan pada SPS Mawar Molodono didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna, simpel dan memiliki tampilan yang menarik bagi para guru dan siswa taman kanak-kanak tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tangible user interface, learning media, geometry
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:00
Last Modified: 18 Oct 2023 06:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37620

Actions (login required)

View Item
View Item