SHAFIRA RAMADANTY (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SERIAL ANIMASI I'M THE BEST MUSLIM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul �Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Serial Animasi I�M THE BEST MUSLIM� ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin memburuknya akhlak manusia yang tidak sesuai dengan kondisi idealnya berdasarkan al-Qur�an dan as-Sunnah serta pentingnya akhlak dalam segala aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam serial animasi I�M THE BEST MUSLIM berupa analisis terhadap adegan dan percakapan dalam serial animasi tersebut dengan mengacu pada beberapa macam-macam nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka atau library research. Sumber data yang digunakan ialah sembilan episode dari dua puluh delapan episode serial animasi I�M THE BEST MUSLIM. Indikator atau alasan peneliti memilih sembilan episode tersebut ialah dari aspek kesesuaian dengan topik kajian nilai-nilai pendidikan akhlak, jumlah like dan penonton, serta memilih yang terbaru. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yakni dokumentasi yang bersifat primer atau pokok. Tahapan analisis data berupa pengumpulan data, memilah data, menelaah data, melakukan analisis, interpretasi secara deskriptif dan membuat kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa semua video yakni sembilan episode serial animasi I�M THE BEST MUSLIM terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak didalamnya, meliputi akhlak terhadap Allah Swt., akhlak terhadap Rasulullah Saw., akhlak pribadi, akhlak dalam keluarga, akhlak bermasyarakat dan akhlak bernegara. Tidak seluruh unsur nilai-nilai pendidikan akhlak terkandung dalam satu video, namun dalam satu video serial animasi tersebut terdapat beberapa unsur dari beberapa macam nilai-nilai pendidikan akhlak.
Dosen Pembimbing: | Abd. Madjid, Dr., M.Ag. | NIDN0504036101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | value, moral education, I'M THE BEST MUSLIM animated series |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 04:20 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 04:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |