ANALISIS KESELAMATAN DAN KEAMANAN FASILITAS OPERASI DI STASIUN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT, RISK CONTROL (HIRARC) : STUDI KASUS STASIUN MRT DAN STASIUN KRL DI JABODETABEK

WIKANG DEWANTARA DWIPA (2023) ANALISIS KESELAMATAN DAN KEAMANAN FASILITAS OPERASI DI STASIUN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT, RISK CONTROL (HIRARC) : STUDI KASUS STASIUN MRT DAN STASIUN KRL DI JABODETABEK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Jakarta merupakan masalah serius karena merupakan penyebab utama kemacetan lalu lintas di Jakarta. PT.MRT dan PT.KAI Jakarta telah mengembangkan kawasan Transit Oriented Development (TOD) yang bertujuan untuk mengintegrasikan fungsi transit yang terintegrasi dengan berbagai angkutan antarmoda sekaligus menghubungkan masyarakat dengan gedung dan ruang publik, sehingga masyarakat dapat tertarik menggunakan angkutan umum sehingga kepadatan lalu dapat dikendalikan.  Stasiun MRT Blok M merupakan stasiun yang terletak di daerah Blok M Square yang terintegrasi dengan BUS transjakarta dan Stasiun Depok Baru yang berada di daerah depok juga terintegrasi dengan ojek online dan angkot (angkutan kota). Sebagai stasiun TOD, perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dengan mengidentifikasi potensi bahaya, menilai risiko dan kemudian melakukan pengendalian risiko yang dapat diterapkan di stasiun MRT Blok M dan Stasiun Depok Baru menggunakan Hazard Identification, Risk Assesment, and Risk Control (HIRARC). Pada Stasiun MRT Blok M, hasil yang didapati saat sebelum dilakukan pengendalian risiko bahwa untuk risiko Moderate sebesar 26,67%, risiko High sebesar 20 persen dan risiko Extreme sebesar 53,33 persen dan Pada Stasiun KRL Depok Baru, hasil yang didapati saat sebelum dilakukan pengendalian risiko diketahui bahwa untuk risiko Moderate sebesar 35,29%, risiko High sebesar 17,65 persen dan risiko Extreme sebesar 47,06%, yang artinya dari pihak MRT dan KRL harus segera melakukan pengendalian risiko atau rencana tindak lanjut dengan menggunakan metode HIRARC sebelum risiko-risiko itu terjadi. Kemudian setelah dilakukan pengendalian risiko di MRT dan KRL, didapati nilai risiko Low sebesar 100% yang berarti risiko tersebut dapat diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TOD, HIRARC, risk control
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 14 Oct 2023 04:32
Last Modified: 14 Oct 2023 04:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37679

Actions (login required)

View Item
View Item