GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK PRATAMA FIRDAUS YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

SANNIA SALSABILA (2023) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK PRATAMA FIRDAUS YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan terbatasnya praktek dokter gigi sehingga adanya perubahan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kepuasan pasien peserta JKN terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Klinik Pratama Firdaus Yogyakarta pada masa pandemi COVID-19.Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan untuk penelitian deskriptif menggunakan data kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner yang berisikan 13 pertanyaan tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi COVID-19, pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan di hitung menggunakan rumus sehingga mendapatkan total 92 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis distribusi frekuensi.Hasil: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Klinik Pratama Firdaus yang ditinjau melalui kuesioner kepuasan memiliki hasil tingkat kepuasan pada dua kategori yaitu puas dan sangat puas. Hasil penelitian ini menunjukkan presentase tertinggi yaitu pasien yang memiliki tingkat kepuasan sangat puas dengan jumlah 65 pasien (70.7%) dan terendah tingkat kepuasan puas dengan jumlah 27 pasien (29.3%). Tidak ada pasien yang memiliki tingkat kepuasan tidak puas dan sangat tidak puas terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang diberikan.Kesimpulan: Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang diberikan Klinik Pratama Firdaus Yogyakarta pada masa pandemi covid-19 adalah sangat puas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Health services, service change, patient satisfaction, BPJS, covid-19
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 14 Oct 2023 03:44
Last Modified: 14 Oct 2023 03:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37701

Actions (login required)

View Item
View Item