PERBANDINGAN HASIL PENGUKURAN SEFALOMETRI METODE DOWNS ANTARA ANALISIS SEFALOMETRI MANUAL DENGAN ANALISIS SEFALOMETRI DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI WEBCEPH

DITA SRI ERISONA (2023) PERBANDINGAN HASIL PENGUKURAN SEFALOMETRI METODE DOWNS ANTARA ANALISIS SEFALOMETRI MANUAL DENGAN ANALISIS SEFALOMETRI DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI WEBCEPH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang : Pemeriksaan radiografi sefalometri lateral merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang paling sering digunakan pada perawatan ortodonti. Salah satu metode yang paling sering digunakan untuk analisis sefalometri lateral adalah metode Downs. Analisis sefalometri lateral dapat dilakukan dengan teknik analisis sefalometri manual dan digital. Adanya evolusi computer radiography yang cepat mengakibatkan penggunaan analisis sefalometri manual perlahan digantikan oleh analisis sefalometri digital. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk analisis sefalometri digital adalah WebCeph. Namun, keakuratan dari perangkat lunak untuk melakukan analisis sefalometri perlu dievaluasi sehingga dokter gigi dapat memilih perangkat lunak yang sesuai. Peneliti tertarik untuk meneliti keakuratan platform WebCeph dengan dibandingkan dengan analisis sefalometri manual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi dokter gigi dalam memilih perangkat lunak yang sesuai.Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional yang dilakukan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut UMY. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 30 radiografi sefalometri lateral dengan kualitas baik dan memiliki film negatif dan file digital. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Radiografi sefalometri lateral kemudian dilakukan analisis menggunakan metode Downs dengan teknik analisis sefalometri manual dan digital menggunakan WebCeph. Hasil analisis kemudian dilakukan uji SPSS meliputi uji normalitas Shapiro Wilk, Independent Sample T tes/Mann Whitneyy test dan uji multivariatHasil : Hasil uji normalitas Shapiro Wilk menunjukkan nilai signifikansi p>0.05 yang berarti data terdistribusi normal untuk semua komponen kecuali sudut kecembungan yang menunjukkan pIndependent Sample T test dan Mann Whitney test menunjukkan p>0.05 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada semua komponen pada metode Downs. Hasil data kemudian di analisis dengan analisis multivariat dan menunjukkan p>0.05 yg berarti bahwa tidak terdapat perbedaaan signifikan antara analisis sefalometri manual dan digital menggunakan WebCeph pada semua komponen pada metode Downs.Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara analisis sefalometri manual dengan analisis sefalometri digital menggunakan aplikasi WebCeph.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: digital cephalometric analysis, Downs method, WebCeph
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 14 Oct 2023 03:43
Last Modified: 14 Oct 2023 03:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37706

Actions (login required)

View Item
View Item