AHMAD AZZAM NOUVALDI (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM IMAN DAN AL-QUR'AN DI KUTTAB AL-FATIH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (338kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab I.pdf
Download (186kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kurikulum merupakan sebuah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga formal berisi dengan rancangan pelajaran selama satu semester. Tujuannya agar dapat menghasilkan sebuah lulusan yang memiliki karakter yang mulia. Akan tetapi, terdapat adanya permasalahan dalam dunia pendidikan yaitu degradasi moral, permasalahan tersebut memicu munculnya sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan terutama pendidikan Islam yang memiliki sistem kurikulum yang berbeda pada umumnya seperti Kuttab Al-Fatih Yogyakarta yang menggunakan kurikulum berbeda yakni kurikulum iman dan al-Qur�an. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui perihal perbedaan kurikulum iman dan al-Qur�an di Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dengan kurikulum nasional, implementasi kurikulum iman dan al-Qur�an dan hasil dari proses penerapan kurikulum iman dan al-Qur�an. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wakil kurikulum bidang iman dan al-Qur�an dan tenaga pengajar. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat perbedaan kurikulum antara Kuttab Al-Fatih Yogyakarta yang menggunakan kurikulum iman dan kurikulum al-Qur�a, proses Implementasi kurikulum dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas seperti kapastitas peserta didik dalam kelas, modul pembelajaran seperti modul alam, modul manusia dan modul tadabbur. Hasil dari pola pendidikan kurikulum iman dan kurikulum al-Qur�an yakni peserta didik memiliki pola pikir yang cerdas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation, curriculum, kuttab, kuttab Al-Fatih, Islamic education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 14 Oct 2023 03:37 |
Last Modified: | 14 Oct 2023 03:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37708 |