DAMPAK KAMPANYE #AYOVAKSIN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KETAHANAN SOSIAL DI INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19

DELILA PUTRI SADAYI (2023) DAMPAK KAMPANYE #AYOVAKSIN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KETAHANAN SOSIAL DI INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Artikel bertujuan untuk menganalisis dampak kampanye #AyoVaksin di media sosial Twitter terhadap ketahanan sosial masyarakat Indonesia selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Data Kualitatif (QDA) dengan pendekatan eksploratif. Data sekunder digunakan dalam penelitian ini; dataset #Ayovaksin yang dikumpulkan dari media sosial Twitter dan data bersumber dari 25 berita media online nasional dari tahun 2021-2022. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi variabel penelitian menggunakan perangkat lunak Nvivo 12 plus dan Netlytics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Media sosial memiliki pengaruh signifikan dalam menjaring partisipasi komunitas dan dukungan sosial selama pandemi COVID-19; 2) Seruan #Ayovaksin di Indonesia memiliki mobilitas interaksi rata-rata berfluktuasi dengan tagar. 3) Seruan vaksin didominasi oleh akun palsu/anonim diidentifikasi sebagai akun buzzer, aktif dalam memperbarui isu vaksin, dan aktivitas kerja akun berpola berpengaruh terhadap kontrol sosial. 4) Ajakan kampanye vaksinasi COVID-19 melalui #Ayovaksin terbukti tidak efektif, di mana media sosial memiliki kerentanan terhadap penyebaran informasi palsu (hoaks). 5) seruan #AyoVaksin tidak berpengaruh terhadap ketahanan sosial di masyarakat, sebab kontribusi dalam seruan vaksin melalui tagar #AyoVaksin tidak berjalan efektif karena di dominasi oleh akun anonim. Masyarakat diharapkan dapat mengoptimalkan media sosial sebagai sarana kontrol sosial; dengan kata lain, masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Social Ressilience, social media, Twitter, Vaccination
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:54
Last Modified: 12 Oct 2023 01:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37802

Actions (login required)

View Item
View Item