DELILA PUTRI SADAYI (2023) DAMPAK KAMPANYE #AYOVAKSIN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KETAHANAN SOSIAL DI INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Artikel bertujuan untuk menganalisis dampak kampanye #AyoVaksin di media sosial Twitter terhadap ketahanan sosial masyarakat Indonesia selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Data Kualitatif (QDA) dengan pendekatan eksploratif. Data sekunder digunakan dalam penelitian ini; dataset #Ayovaksin yang dikumpulkan dari media sosial Twitter dan data bersumber dari 25 berita media online nasional dari tahun 2021-2022. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi variabel penelitian menggunakan perangkat lunak Nvivo 12 plus dan Netlytics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Media sosial memiliki pengaruh signifikan dalam menjaring partisipasi komunitas dan dukungan sosial selama pandemi COVID-19; 2) Seruan #Ayovaksin di Indonesia memiliki mobilitas interaksi rata-rata berfluktuasi dengan tagar. 3) Seruan vaksin didominasi oleh akun palsu/anonim diidentifikasi sebagai akun buzzer, aktif dalam memperbarui isu vaksin, dan aktivitas kerja akun berpola berpengaruh terhadap kontrol sosial. 4) Ajakan kampanye vaksinasi COVID-19 melalui #Ayovaksin terbukti tidak efektif, di mana media sosial memiliki kerentanan terhadap penyebaran informasi palsu (hoaks). 5) seruan #AyoVaksin tidak berpengaruh terhadap ketahanan sosial di masyarakat, sebab kontribusi dalam seruan vaksin melalui tagar #AyoVaksin tidak berjalan efektif karena di dominasi oleh akun anonim. Masyarakat diharapkan dapat mengoptimalkan media sosial sebagai sarana kontrol sosial; dengan kata lain, masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial.
Dosen Pembimbing: | Suswanta, Dr., M.Si. | NIDN0012086701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, Social Ressilience, social media, Twitter, Vaccination |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:54 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |