EVALUASI PROGRAM PENINGKATAN PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK MELALUI PEMBAYARAN ELEKTRONIK PADA BUS TRANS JOGJA

MAYA HESTI SAPUTRI (2023) EVALUASI PROGRAM PENINGKATAN PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK MELALUI PEMBAYARAN ELEKTRONIK PADA BUS TRANS JOGJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembayaran elektronik pada Bus Trans Jogja sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan transportasi publik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan dokumentasi ini digunakan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder dari pihak yang terkait dengan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi CIPP yang terbagi kedalam 4 dimensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pada dimensi Context, antara tujuan dan apa yang diinginkan masyarakat yaitu dalam hal modernisasi, kemudahan atau kepraktisan serta keinginan untuk menghemat pengeluaran dengan harga yang lebih murah itu sama atau sejalan. Dalam dimensi Input dilihat dari Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasaran, dana dan anggaran serta rencana atau strategi menunjukkan bahwa peningkatan pelayanan transportasi publik melalui pembayaran elektronik pada Bus Trans Jogja sudah memadai. Dalam dimensi Process pelaksanaan pembayaran elektronik pada Bus Trans Jogja cukup berjalan dengan yang sudah direncanakan yaitu dengan melakukan sosialisasi, arahan cara membayara menggunaka pembayaran elektronik yang dilanjutkan dengan penerapan pembayaran elektroninya. Dalam dimensi Product, pembayaran elektronik pada Bus Trans Jogja ini belum sepenuhnya berdampak karena kurang meratanya sosialisasi dan arahan cara pembayaran elektronik yang berujung pada minimnya penggunaan pembayaran elektronik pada Bus Trans Jogja, sehingga kemudahan yang dimaksud serta lebih hematnya biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan pembayaran elektronik pada bus tran jogja ini belum dapat dirasakan oleh seluruh pengguna Trans Jogja. Oleh karena itu pembayaran elektronik pada Bus Trans Jogja belum sepenuhnya memenuhi teori evaluasi CIPP sebagaimana yang dicetuskan oleh Daniel L. Stufflebeam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Electronic Payment, Trans Jogja Bus
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:54
Last Modified: 12 Oct 2023 01:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37806

Actions (login required)

View Item
View Item