INOVASI PELAYANAN PUBLIK ERA NEW NORMAL PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN PASAMAN BARAT (STUDI KASUS : PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR)

RIKA PUTRI SUANDA (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK ERA NEW NORMAL PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN PASAMAN BARAT (STUDI KASUS : PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Salah satu kewajiban pemerintah daerah adalah dengan  memudahkan segala urusan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan, dengan demikian pihak kantor samsat pasaman barat memberikan inovasi pelayanan publik berupa samsat online dan samsat keliling untuk memudahkan masyarakat dalam hal mengurus pajak kendaraan yang mereka miliki, inovasi ini dilakukan untuk menghindari penumpukan masyarakat pada kantor samsat akibat banyak nya antrian yang tidak dapat diselesaikan selama sehari, akibat nya banyak masyarakat yang besoknya akan datang kembali ke kantor samsat untuk menyelesaikan urusannya, dengan demikian kantor samsat memberikan inovasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk pembayaran pajak kendaraan khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah pelosok daerah.karakteristik inovasi yang dikemukakan oleh Rogers (2003) yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemudahan diamati, inovasi yang diberikan oleh kantor samsat pasaman barat telah mencakup kelima karakteristik tersebut, sehingga inovasi ini berhasil memudahkan masyarakat dalam hal pembayaran pajak kendaraan yang mereka miliki serta dengan adanya inovasi ini dapat mengurangi penumpukan antrian pada kantor samsat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: service innovation, vehicle tax, Samsat office
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:14
Last Modified: 02 Nov 2023 04:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37815

Actions (login required)

View Item
View Item