DEWI AMANAH NUR IMANI (2023) PENGARUH PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH MONGGOL GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (447kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab I.pdf
Download (186kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (536kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Belajar merupakan sebuah proses di mana motivasi merupakan salah satu unsur penting di dalamnya. Motivasi merupakan dorongan yang berasal dari dalam maupun luar diri siswa untuk mengarahkan mereka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran. Untuk menumbuhkan motivasi siswa, di antara yang dilakukan oleh guru adalah dengan memilih bagaimana menerapkan pembelajaran di kelas. Di sekolah MTs Muhammadiyah Monggol Gunung Kidul, cooperative learning adalah salah satu model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk menganalisis penerapan cooperative learning pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah Monggol Gunung Kidul (2) Untuk menganalisis motivasi belajar siswa MTs Muhammadiyah Monggol Gunung Kidul pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (3) Untuk menganalisis pengaruh penerapan cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa MTs Muhammadiyah Monggol Gunung Kidul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 94 siswa dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner. Setelah data diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada hasil angket penerapan cooperative learning siswa diperoleh kriteria yang cukup tinggi dari distribusi frekuensi dengan presentase 52,21% (2) Motivasi belajar siswa cukup tinggi diperoleh dari distribusi frekuensi dengan presentase sebesar 64,4% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan cooperative learning terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikasi 0,000 kurang dari 0,05 Cooperative learning mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah Monggol sebesar 43,6 persen dengan nilai (R Square) sebesar 0,438.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Learning Motivation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:14 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37817 |