EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK SIMPEL UNTUKMU DI KALURAHAN KRANGGAN KECAMATAN GALUR KULON PROGO

FITRI RAHMAWATI (2023) EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK SIMPEL UNTUKMU DI KALURAHAN KRANGGAN KECAMATAN GALUR KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas dari inovasi pelayanan publik Simpel Untukmu di Kalurahan Kranggan Kecamatan Galur Kulon Progo tahun 2022. Salah satu upaya inovasi yang diciptakan oleh pemerintah Kalurahan Kranggan yaitu inovasi layanan digital Simpel Untukmu. Aplikasi Simpel Untukmu yang menjadi inovasi layanan digital pertama se-kalurahan di Kulon Progo ini merupakan aplikasi sim pelayanan yang terdapat berbagai pelayanan yaitu pelayanan umum, pelayanan vaksin, pelayanan cek bansos, pelayanan cek UMKM dan Agenda Kami. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan untuk memaparkan suatu peristiwa yang diperoleh di lapangan dan untuk memecahkan permasalahan yang ada berdasarkan data yang diperoleh dan untuk menjelaskan variabel yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa inovasi pelayanan Simpel Untukmu memenuhi kriteria penilaian efektivitas yang diukur melalui keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output serta pencapaian tujuan menyeluruh. Selain itu pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa inovasi Simpel Untukmu memenuhi kriteria inovasi dimana terlihat adanya kebaruan dari inovasi ini, kemudian kebermanfaatan bagi pengguna aplikasi, berkesinambungan dan compatibilitas karena pembuatan inovasi ini sudah memenuhi aturan yang ada. Namun inovasi ini tidak memenuhi kriteri problem solving karena masih terdapat permasalahan minat pengguna terhadap aplikasi yang belum teratasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran dari peneliti yaitu peningkatan sosialisasi kepada masyarakat, merencanakan anggaran dana serta mengembangkan aplikasi dengan memperbaiki tampilan agar lebih menarik dan pembuatan tanda tangan digital agar pelayanan umum bisa diproses semakin cepat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Public Service Innovation, Simpel Untukmu Application
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:25
Last Modified: 10 Oct 2023 07:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37894

Actions (login required)

View Item
View Item