FITRI RAHMAWATI (2023) EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK SIMPEL UNTUKMU DI KALURAHAN KRANGGAN KECAMATAN GALUR KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (816kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (184kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (788kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (473kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas dari inovasi pelayanan publik Simpel Untukmu di Kalurahan Kranggan Kecamatan Galur Kulon Progo tahun 2022. Salah satu upaya inovasi yang diciptakan oleh pemerintah Kalurahan Kranggan yaitu inovasi layanan digital Simpel Untukmu. Aplikasi Simpel Untukmu yang menjadi inovasi layanan digital pertama se-kalurahan di Kulon Progo ini merupakan aplikasi sim pelayanan yang terdapat berbagai pelayanan yaitu pelayanan umum, pelayanan vaksin, pelayanan cek bansos, pelayanan cek UMKM dan Agenda Kami. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan untuk memaparkan suatu peristiwa yang diperoleh di lapangan dan untuk memecahkan permasalahan yang ada berdasarkan data yang diperoleh dan untuk menjelaskan variabel yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa inovasi pelayanan Simpel Untukmu memenuhi kriteria penilaian efektivitas yang diukur melalui keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output serta pencapaian tujuan menyeluruh. Selain itu pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa inovasi Simpel Untukmu memenuhi kriteria inovasi dimana terlihat adanya kebaruan dari inovasi ini, kemudian kebermanfaatan bagi pengguna aplikasi, berkesinambungan dan compatibilitas karena pembuatan inovasi ini sudah memenuhi aturan yang ada. Namun inovasi ini tidak memenuhi kriteri problem solving karena masih terdapat permasalahan minat pengguna terhadap aplikasi yang belum teratasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran dari peneliti yaitu peningkatan sosialisasi kepada masyarakat, merencanakan anggaran dana serta mengembangkan aplikasi dengan memperbaiki tampilan agar lebih menarik dan pembuatan tanda tangan digital agar pelayanan umum bisa diproses semakin cepat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Public Service Innovation, Simpel Untukmu Application |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:25 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37894 |