DESAIN DAN ANALISIS CETAKAN BUMPER BEAM

MUHAMMAD CAHYA KUMALA PUTRA (2023) DESAIN DAN ANALISIS CETAKAN BUMPER BEAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bumper beam merupakan bagian penting karena berfungsi menyerap energi kinetik akibat tumbukan. Bumper beam memiliki struktur kaku sehingga kemampuan menyerap energi sedikit. Penggunaan PA6 sebagai bahan produk bumper beam merupakan pilihan yang tepat karena memiliki keunggulan kinerja sifat mekanik, resistor panas, resistor aus, resistor kimia, pelumasan sendiri komponen gesek rendah, dan pemrosesan mudah. Selain itu, kelemahan PA6 berupa efek penyerapan air yang rendah menjadi hal yang baik untuk bumper beam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain cetakan bumper beam yang yang dapat menghasilkan produk tidak cacat berdasarkan analisis desain berupa cycle time dan shrinkage. Pembuatan bumper beam dilakukan dengan proses injeksi molding. Peran cetakan molding ini sangat mempengaruhi kualitas hasil bumper beam yang dicetak. Proses desain diawali dengan pembuatan protype bumper beam yang dimodifikasi dari bentuk bumper beam profil C dengan ukuran produk dibuat menggunakan skala 1:5. Prototype bumper beam tersebut kemudian disimulasikan untuk mengetahui kualitas produk. Setelah kualitas produk dinyatakan layak, dilakukan perancangan cetakan bumper beam. Desain cetakan bumper beam menggunakan two plate mold 2 cavity dengan membandingkan 2 sistem pendingin. Tipe 1 merupakan sistem pendingin 2 jalur dengan aliran inlet dan outlet dari salah satu sisi. Aliran dibuat zigzag dengan sudut belokan 90° sebanyak 6 belokan. Tipe 2 merupakan sistem pendingi dengan 8 jalur. Aliran pendingin inlet dan outlet berada pada 2 sisi yang saling berhadapan satu sisi memiliki 2buah inlet/outlet saja. Aliran dibuat sependek mungin dengan membentuk sudut 90° dengan satu belokanTipe 1 memiliki sirkuit cooling temperature 25,41°C, time to reach ejection temperature sebesar 4,109s dan perbedaan suhu inlet/outlet sebesar 0,41°C. Sedangkan Tipe 2 memiliki sirkuit cooling temperature 25,10°C, time to reach ejection temperature sebesar 3,950 dan perbedaan suhu inlet/outlet sebesar 0,10°C. Dari perbandingan kedua system cooling dipilih tipe 2 sebagai system cooling desain cetakan bumper beam. Hasil perancangan dan analisis cetakan komponen Bumper Beam memperoleh desain cetakan bumper beam menghasilkan produk yang tidak cacat dengan nilai cycle time sebesar 11 s dan shrinkage sebesar 1,3%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bumper Beam Molding, Injection Molding, Cycle Time, Shrinkage
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:25
Last Modified: 10 Oct 2023 07:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/37895

Actions (login required)

View Item
View Item