MODIFIKASI KOPLING MANUAL JUPITER Z1 DENGAN UJI DYNO

M. ARIF SHOMADI (2023) MODIFIKASI KOPLING MANUAL JUPITER Z1 DENGAN UJI DYNO. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini akan melakukan proses modifikasi sepeda motor Jupiter Z1, pada unit sepeda motor ini mengalami masalah pada bagian kopling dimana pada unit ini telah dilakukan modifikasi, akan tetapi daya yang di hasilkan oleh mesin Jupiter Z1 ini tidak tersalurkan secara maksimal dengan kopling otomatis bawaan dari pabrikan. Maka perlu adanya melakukan modifikasi pada bagian kopling agar daya yang di hasilkan oleh mesin bisa tersalurkan secara maksimal dan kopling terasa responsif serta mudah dalam mengatur kopling pada saat berakselerasi.Modifikasi yang dilakukan pada unit Jupiter Z1 ini dilakukan perubahan serta penambahan beberapa part  pada penelitian ini. Dalam hal perubahan kopling hanya mengubah dari kopling otomatis bawaan pabrikan menjadi kopling manual namun tetap mempertahankan sistem kopling yang di pakai oleh Jupiter Z1 yakni kopling pegas diafragma, serta melakukan pembubutan pada mekanisme kopling dan penekan kampas kopling dengan pemakanan setebal 2mm pada dudukan kampasnya.Sedangkan pada penambahan part bagian kopling yakni kampas kopling bertambah dari jumlah awal hanya 2 keping menjadi 3 keping, sama halya dengan plat kopling dari jumlah awal 1 keping setelah di lakukan modifikasi menjadi 2 keping. Setelah dilakukan modifikasi pada unit Jupiter Z1 dilakukan uji dyno dan  mengalami penambahan daya dari 9,5 HP pada 8.082 rpm menjadi 12,6 HP pada 8.738 rpm. Sedangakan untuk torsi maksimal mengalami kenaikan dari 9,65 N.m pada putaran mesin 5.976 rpm menjadi 11,73 N.m pada 7.004 rpm.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Yamaha Jupiter Z1, Manual clutch modification, Diaphragm spring type
Divisions: Program Vokasi > Teknologi Mesin D3
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 07 Oct 2023 07:10
Last Modified: 07 Oct 2023 07:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38023

Actions (login required)

View Item
View Item