MUHAMMAD MAULIDAN HIDAYAT (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP ETIKA SISWA KEPADA GURU DI SMAN 1 TANJUNG SELOR, KABUPATEN BULUNGAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (210kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK Pesatnya perkembangan teknologi informasi meyebabkan perubahan secara cepat. Sedikit demi sedikit media sosial dapat mengikut sertakan masyarakat ke dalam suatu pola budaya yang baru dan dapat menentukan pola pikir serta budaya dan perilaku dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas pengunaan media sosial, mendeskripsikan etika siswa kepada guru, dan mengetahui serta menganalisis seberapa besar pengaruh media sosial terhadap etika siswa kepada guru di SMA N 1 Tanjung Selor.Jenis penelitian ini yakni menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subyek sebanyak 64 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner berupa googleform dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.Hasil dari analisis penelitan ini ialah terdapat pengaruh media sosial terhadap etika siswa kepada guru. Tingkat penggunaan media sosial menunjukan nilai kecenderungan yang sangat rendah dengan frekuensi 56 orang responden atau sebesar 87,5%. Diketahui dalam analisis ini nilai signifikansi 0,00 yang mana lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel media sosial terhadap etika siswa kepada guru. Hasil dari uji regresi linier sederhana juga mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya adalah nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut bermakna bahwa variabel media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel etika siswa kepada guru. Berdasarkan analisis juga R kuadrat atau koefisien determinasi nya 0,291. Angka 0,291 menunjukkan bahwa pengaruh media sosial terhadap etika siswa kepada guru yaitu sebesar 29.1%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Ethics, Teachers |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:20 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38053 |