DESINTA HEYDI RAHMAWATI (2023) INOVASI PELAYANAN PRIORITAS DAN AKHIR PEKAN BAGI PENGGUNA LAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (650kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (208kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (941kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Hadirnya suatu inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung merupakan suatu langkah baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang telah ada sebelumnya. peada pelaksanaannya, inovasi berupa pelayanan prioritas dan akhir pekan di Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung telah berjalan dengan baik meskipun masih terdapt sedikit kendala maupun kesulitan sehingga masih perlu di evaluasi. Inovasi ini dilakukan guna mempercepat proses kepemilikan tanah oleh masyarakat sehingga tidak ada lagi tanah yang menjadi sengketa. selain itu dengan inovasi ini juga diharapkan bisa mengurangi praktik calo dalam proses pengurusan dokumen pertanahan. dalam penelitian ini masalah uang diteliti yaitu bagaimana proses inovasi itu berjalan dan faktor apa saja yang memengaruhi pelaksanaan pelayanan terbaru ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan proses pelaksanaan inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung dan juga faktor yang memengaruhi dalam berjalannya inovasi pelayanan ini. Lokasi penelitian yang dipilih yaitu Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Inovasi pelayanan prioritas dan akhir pekan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat dan kantor pelaksana. Hal ini di tunjukkan dengan banyaknya pemohon pada loket prioritas maupun pada pelayanan akhir pekan. Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung pun juga mendapatkan pujian dari kantor pertanahan lain atas pelaksanaan inovasi yang baik. Pelayanan prioritas dan akhir pekan di Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung ini merupakan inovasi yang masih sangat baru sehingga dri pihak penyelenggara masih harus mempromosikan dengan keras kepada masyarakat tentang adanya pelayanan ini. Inovasi ini juga masih terus dikembangkan supaya bisa lebih maksimal, hal ini dikarenakan dalam pelaksanaannya masih terdapat tingkat kerumitan ataupun kesulitan yang harus diurai sehingga tidak menimbulkan permasalahan bersar nantinya. Saran dan rekomendasi yang diberikan oleh peneliti yaitu diharapkan inovasi ini dapat terus konsisten dan tidak mengurangi jam pelayanan maupun memberikan batasan apapun kepada masyarakat sebagai pemohon. selain itu, peningkatan kualitas SDM juga perlu terus dilakukan ehingga tidak ada pihak yang diberatkan khususnya sebagai pegawai. Evaluasi terhadap system kerja dan pembagian tugas perlu dilakukan untuk mengurnagi permasalahan dibidang sumber daya manusia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovation, public service, land |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 07:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38145 |